Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Inilah Alasan Kenapa Anda Selalu Dililit Hutang

hutang

Satu-satunya cara agar anda dapat keluar dari lilitan hutang adalah dengan memahami mengapa anda berhutang pada saat pertama kali.

Banyak bukti telah menunjukkan bahwa …

Anda tidak akan dapat menabung meskipun pendapatan / gaji anda naik. Anda tidak akan dapat menabung meskipun cicilan mobil anda telah lunas. Anda tidak akan dapat menabung meskipun anak-anak anda telah dapat membiayai hidupnya sendiri. Dan meskipun anda memiliki uang 1 milyar di tangan anda saat ini, tetap anda tidak akan dapat menyisihkan uang 1 sen pun.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Sebab, anda hanya bisa menabung jika menabung menjadi suatu kebiasaan yang emosional. Anda hanya bisa menabung jika anda memperlakukan uang anda secara berbeda.

Jadi inilah beberapa hal mengapa anda bisa terlilit dengan hutang :

1. Anda membeli barang-barang yang tidak terlalu anda butuhkan.

Berhentilah membeli barang-barang menurut kata hati anda! Jika perlu hindarilah pergi ke mall! Sebab mall adalah sumber hutang pribadi anda. Tidak ada alasan memanjakan diri anda dengan membeli barang-barang bermerk yang sebetulnya tidak anda butuhkan.

2. Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang anda tidak mampu membelinya secara tunai.

Jika anda tidak dapat membeli secara tunai hari ini, jangan membelinya! Sesederhana itu rumusnya.

3. Anda berpikir bahwa merek produk tertentu menandakan status sosial, ’ngetrend’, gaya dsb.

Mobil membawa anda dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dompet adalah tempat menyimpan uang dan surat-surat penting anda. Kacamata hitam melindungi mata anda dari sinar matahari. Kaos menjaga anda tetap hangat. Jika anda selalu membayar sangat mahal untuk produk-produk tersebut demi status sosial, ‘ngetrend’ atau gaya, dibanding dengan fungsinya itu sendiri, berarti anda dalam masalah.

4. Anda membeli mobil baru setiap beberapa tahun.

Lihat poin saya sebelumnya. Mobil berfungsi mengantarkan anda dari suatu tempat ke tempat yang lain. Jika anda membeli sebuah mobil baru setiap beberapa tahun meskipun mobil lama anda masih berfungsi dengan sangat baik, maka anda sedang berusaha keras untuk mengesankan ‘sesuatu’ yang salah pada orang-orang… dan anda sendiri sedang dalam proses menuju pada kebangkrutan.

5. Anda membeli sesuatu yang sebetulnya bisa anda pinjam atau sewa.

Poinnya adalah jika anda hanya sesekali menggunakan barang tersebut, kenapa anda tidak meminjam dari teman anda atau menyewanya saja? Sebagai contoh, saya hampir saja membeli sebuah tangga lipat yang mungkin saya hanya pergunakan setahun 1-2 kali, padahal saya bisa meminjamnya dari orang tua saya.

6. Anda membayar harga normal untuk setiap barang/jasa yang anda beli.

Anda dapat menghemat sampai 10 juta rupiah setiap tahun jika saja anda mau menunggu membeli barang/jasa dan berbelanja pada outlet-outlet yang memberikan discount.

7. Anda memiliki (atau menyewa) rumah lebih besar dari yang anda butuhkan.

Ketika anda membeli atau menyewa rumah lebih besar dari yang anda butuhkan, anda berarti akan membuang uang untuk membayar biaya bulanan yang lebih mahal, biaya pemeliharaan yang lebih tinggi dan membeli ‘barang-barang’ untuk mengisi ruang yang kosong.

8. Anda tidak memiliki rencana anggaran.

Apakah anda berasumsi bahwa jika anda menunggu dan mencari uang lebih banyak, maka keuangan anda akan membaik dengan sendirinya? Jika anda berpikiran seperti itu maka anda salah besar! Diperlukan pembuatan rencana anggaran yang serius untuk menghilangkan hutang-hutang anda serta mulai membangun kekayaan. Jadi mulailah membuat rencana anggaran sekarang!

9. Anda tidak mengoptimalkan modal yang anda miliki.

Anda harus membuat kesempatan uang anda untuk membuat uang kembali (leverage). Setiap modal yang anda miliki, tidak peduli seberapa kecil, harus dipergunakan untuk investasi. Jika modal anda tidak diinvestasikan, maka uang anda akan kehilangan nilainya karena faktor inflasi.

10. Anda menikah dengan pasangan yang ’shopping oriented’.

Anda tidak akan keluar dari lilitan hutang jika anda menikah dengan seseorang yang selalu membelanjakan uang yang anda hasilkan. Jadi tolonglah belahan jiwa anda tersebut untuk bertanggung jawab terhadap keuangan, kecuali jika anda ingin menjalani hidup lebih berat di masa mendatang.

11. Anda tidak pernah dibekali pendidikan dasar tentang pengaturan keuangan.

Ilmu keuangan bukan insting yang dibawa sejak lahir. Anda harus cukup mendapatkan bekal pendidikan tentang pengaturan keuangan, entah itu lewat pendidikan formal atau otodidak. Jika tidak, anda tidak akan kemana-kemana, tetap dalam lilitan hutang.

12. Anda memiliki mental ’ingin cepat kaya’.

Hanya 0.01% orang yang memiliki kekayaan secara instan, contohnya warisan orang tua. Sisanya sebesar 99.99%, kekayaan tidak akan datang secara instan. Jadi jika anda menghabiskan waktu dan uang anda untuk melakukan skema ’ingin cepat kaya’, yang terjadi justru hutang akan melilit anda.

13. Anda memiliki kebiasaan yang buruk.

Mabuk-mabukan dan judi adalah contoh yang sempurna dari sekian banyak kebiasan buruk, dimana anda memilih untuk menukar kesenangan jangka pendek/sesaat dengan kesengsaraan jangka panjang, yaitu hutang dan ketidaknyamanan.

14. Anda banyak menyia-nyiakan waktu anda sendiri.

Mereka mengatakan “waktu adalah uang”, dan saya tambahkan disini waktu lebih berharga dibandingkan uang. Waktu adalah hal terbesar dalam kehidupan. Uang yang hilang, dapat dicari kembali, namun waktu tidak tergantikan. Jadi jika anda gagal mengatur waktu anda, maka sudah pasti anda akan gagal mengatur uang anda … dan anda akan gagal juga dalam setiap aspek kehidupan anda. Jadi fokuskan waktu dan energi anda pada hal-hal yang penting, lupakan yang lain.

15. Anda tidak menjaga kesehatan anda.

Jagalah selalu tubuh dan pikiran anda tetap sehat! Masalah-masalah kesehatan akan menguras uang anda dan jika ini berkelanjutan, maka sudah dipastikan anda akan mengalami masalah keuangan jangka panjang.

Ingatlah selalu bahwa hutang dapat dihindari dan dihilangkan. Hanya membutuhkan sedikit usaha, pendidikan dan determinasi untuk membuat semuanya menjadi mungkin. Seperti telah saya utarakan, hiduplah dengan sederhana. Jangan menggunakan uang untuk mengesankan orang lain. Jangan hidup dengan anggapan bahwa kekayaan selalu diukur dengan materi. Kelola uang anda dengan bijak sehingga uang tidak mengatur anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

28 comments

1 oen { 06.09.10 at 10:57 am }

thank sharingnya ^_^

2 Freeman { 08.18.10 at 10:05 pm }

hehe…ini masalah sejak jaman dulu kala, yaitu berhutang…trm ksh sdh menyadarkan bahayanya ya bos

3 witri { 09.02.10 at 11:09 am }

makasih bwt infonya. Menurut saya, masalah hutang itu, tergantung dari self control pada diri kita. seharusnya, kita bisa lebih bijak dalam aggaran keuangan, karena kita lah aktor sekaligus objek penderita dari setiap keputusan keuangan yang kita buat. Artinya, sebelum kita menetapkan suatu keputusan, harus diperhitungkan efeknya, entah itu positif atau negatif..

4 Inspirasi Pemuda { 09.22.10 at 9:29 am }

maaf, saya tidak sependapat dengan ini.. saya mendapati bahwa, “Jika ingin kaya bertingkahlakulah seperti orang kaya. Bertindaklah seperti orang sehat, jika ingin sehat. Jika ingin bahagia, berperilakulah seperti orang kaya.” menabung bukan kewajiban lagi di jaman sekarang, itu konvensional.

jika ingin kaya, bertingkahlakulah seperti orang kaya, beli barang yang anda mau, lakukan sesuka hati Anda, tapi harus diingat, orang kaya bukanlah orang boros. kebiasaan seperti orang kaya itu akan berdampak baik bagi diri anda, karena anda telah terbiasa menjadi orang kaya. Anda menjadi lebih sering berbelanja, dan akhirnya pandai cara berbelanja.

Apa yang orang kaya belanjakan? orang kaya membelanjakan uangnya untuk aset, bukan liabilitas.

satu lagi, waktu bukannya uang, tapi uang adalah waktu. Anda sendiri yang bilang jika uang hilang, masih bisa dicari, tapi kalo waktu, itu tidak bisa.. berarti waktu itu bukan uang, uang yang merupakan waktu. karena berapa banyak uang yang kita miliki akan menentukan berapa lama kita hidup.

boleh saja Anda tidak setuju karena saya hanya berteori, saya hanya remaja usia 18 tahun yang kurang makan garam. Semoga bermanfaat.

5 K.F { 12.14.10 at 2:47 pm }

jadi serasa di ingetin….makasih udah di ulas

6 danang { 08.06.11 at 10:18 pm }

Mendekati SempurnA

7 jauhari mk { 12.08.11 at 8:08 pm }

tulisan yang sangat menarik. Orang yang terlilit hutang umumnya menjadi sangat putus asa. Semoga tulisan ini memberikan semangat dan inspirasi bagi yang sedang terkena musibah terlilit hutang.

jika diperbolehkan saya ingin sharing dan turut membantu orang yang terlilit hutang. tips dan triks saya tulis di blog saya, mudah-mudahan bermanfaat, bisa di baca di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2011/12/ampuunn-saya-terlilit-hutang-gila.html

8 Noorzef_Wan { 04.18.12 at 10:40 pm }

T’kasih…ilmunya begitu bermanfaat

9 Bisma Iskandar { 04.25.12 at 2:35 pm }

Nah, sebenarnya point terpenting disini adalah, tidak seberapa penting Anda mendapatkan uang. Tapi kalau Anda tidak bisa menyisihkannya, itulah yang di takutkan.

10 Noor H { 11.14.12 at 2:39 pm }

kesimpulan: orang yang terlilit hutang disebabkan karena kebiasaannya yang tidak dapat mengendalikan keinginannya. Tks bro tulisannya bagus

11 saint ericko { 03.10.13 at 3:13 pm }

terima kasih atas info yg sangat bermanfaat ini

12 Budiono { 03.10.13 at 9:21 pm }

Siiiiiip bro.

13 Emoh rukmanah { 04.06.13 at 6:41 pm }

Alhamdulillah untuk pencerahannya.Ku gi bnyak hutang.Mdh2n scptnya allah swt brikan jalan keluarnya..Dan kmbli tenang dlm berusaha.

14 muhede { 04.11.13 at 6:44 am }

good advice, barokallohu fik. keep writing ya spy hidupmu lbh bermanfaat

15 off~ven { 04.19.13 at 1:58 am }

trim’s..
nurut saya cemua orng paste px hutang,toch hutang itu d jd kan bahan u memacu smngat krja…
jd tips nx dsni:
1.ushan kan anda menabung 1/4 dr income anda.
2.anda cmua paste tw jodoh,rezeki,maut paste akan d lalui,dsni kami px produc asransi xg mnanggulani cmua nx…
http://www.produntial.com
motto:mnjga asset xg ada pada anda sekalian…

16 Atang { 05.26.13 at 9:10 am }

Cukup bijak solusinya,apalagi kalo dibarengi sodaqoh

17 wawan { 08.21.13 at 4:49 pm }

ILL try this month……….txs a lot

18 andre { 08.30.13 at 9:41 pm }

Ulasan Ɣªήğ menarik komandan,, semoga berguna u/ mengingatkan Ɣªήğ lain. NB : ª∂a̲̅ Ɣªήğ koment a/n “inspirasi pemuda” di atas, saya hanya mau beritahukan, lebh bak diam saat belajar, ketimbang berbicara ngawur Ɣªήğ menampakan kebodohan kamu. Saran saya 1 untuk kamu dik, “BELAJARLAH”, dan serap ilmu pengetahuan, dan jangan merasa lebih pandai dari Ɣªήğ mengajarkan, semakin banyak kamu belajar, baiknya semakin rendah diri ya nak.. Semoga sukses.

19 aiva nayla { 09.05.13 at 9:47 am }

Sip,
lakuKan yg terBaik,untuk yg terbaik

20 dian { 09.05.13 at 10:47 pm }

Sy tdk sependapat tuh dgn inspirasi pemuda,,klo ingin mnjadi ☺я̲̅αи̲̅g kaya bertingkah sprti ☺я̲̅αи̲̅g kaya,,klo mau bertingkah tp tdk pnya uang apa tuh si pemuda hrs berhutang,biarpun tdk pnya kerjaan baru mnta sm ☺я̲̅αи̲̅g tua ja dah bangga..hadeuh bru kuliah x dah sotoy

21 wahyoee { 12.03.13 at 3:44 am }

Gimana mau seperti orang kaya, makan aja ampe kekurangan garam,,, hadeuhhh

Intinya tau diri ajaa dgn apa yg kita miliki.
Orang kaya gak menjamin hidup nya bahagia,

Tapi….
Sederhana dan bersyukur insya-Allah kebahagian menyertai hidup anda….

22 juha { 12.05.13 at 3:04 pm }

Maksud nya >Insp***si<
harus punya pola pikir orang kaya yang harus di miliki,bukan nya gaya hidup mewahnya….itu mah bonus kaleee atau sambil nyelem minum air.1 2 pulau terlampaui,orang kaya sih ga usah dibuat pusing tiap hari nginep di hotel atau makan di restoran lah emang kerjaan nya ketemu klien bisnis..rata2 mereka udah punya income lebih dari cukup,dan mereka tidak pernah memboroskan buat hal yang tidak menguntungkan bisnisnya…
……Bravo pemuda Indonesia yang creative……

23 Roma { 01.07.14 at 12:56 pm }

Penjelasan di atas sangat sedikit sekali yg bermanfaat bagi kaum menengah kebawah sprti saya, itu buat kaum2 yg emang udah pada kaya yg ingin selalu terlihat wah.
Coba donk kasih tips buat org2 ky sy yg udah kerja banting tulang peras keringat bahkan keringat darah, tp hutang selalu menjerat.
Pekerjaan sy buruh sadap karet, istri buka warung kecil di rumah, ana 2 mash kcl2, kalau di bilang bodoh sy rasa sy tdk bodoh2 amat, di lingkungn masyarakat sy cukup di butuhkan dngn kata lain sy ini salah satu tokoh masyarakat, meskipun usia sy mash jauh dari kepala 3.
Tapi okonmi sy?…

24 Roma { 01.07.14 at 1:08 pm }

Tips buat orang2 kere macam sy, bukan tips biar jadi kaya, minimal tidak selalau di kejar hutang.

25 Fery { 03.27.14 at 11:40 pm }

Plis … Dijawab dong prtanyaan dr sobat roma.
Saya merasakan spt sobat roma

Tks

26 kamar minimalis { 05.10.14 at 12:52 am }

artikelnya yang ini cocoknya buat orang yang sudah kaya , kalau boleh usul yang buat baru usaha gan.

27 Amrizal { 07.21.14 at 11:45 pm }

Pusing dah kalau mikirin hutang…tapi terima ksh telah membuka pikiran saya untk selalu ingat solusinya

28 Anonymous { 09.06.14 at 12:26 pm }

Menabung untuk mencicil hutang sampai lunas. Setuju banget

Leave a Comment