Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Jangan Biarkan Kekurangan Anda Membatasi Diri Anda Untuk Maju

kekurangan

Kita semua, siapapun anda tidak terkecuali, pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kadang-kadang kekurangan tersebut terlihat lebih mendominasi dibandingkan kelebihan yang kita miliki. Beberapa orang begitu mudahnya terkena penyakit. Beberapa orang yang lain begitu sulitnya mengatur keuangan mereka. Beberapa orang yang lain kesulitan untuk berkomunikasi dan membangun sebuah relasi, dan masih banyak lagi.

Dari orang-orang tersebut, banyak yang menganggap bahwa kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi sebagai sebuah nasib buruk atau takdir – tetapi saya tekankan disini : tidak semua orang. Beberapa dari mereka justru menghadapi rintangan-rintangan sangat besar dalam hidupnya dan bahkan masih berjuang untuk meraih sesuatu hal yang mereka impikan. Mereka bangkit diatas kekurangan mereka dan tidak membiarkan kekurangan mereka tersebut membatasi mereka untuk maju.

Semua itu adalah pilihan anda, untuk menganggapnya sebagai nasib/takdir atau sebuah tantangan yang harus dihadapi.

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan seorang kawan lama. Saya dahulu mengenalnya sebagai seseorang yang kurang baik dalam berkomunikasi. Kini ia cukup sukses di bisnis jaringan yang ia jalankan. Ia sering menjadi pembicara dalam seminar-seminar dalam bisnis jaringan yang ia jalankan.

Saya yakin sekali, pasti ada minimal 1 orang dari teman-teman anda yang dapat berdiri tegak diatas kekurangannya. Atau malah mungkin anda sendiri. Jika memang demikian, acung jempol untuk anda.

Jika anda perhatikan dengan seksama, banyak sekali sebetulnya orang yang menghadapi rintangan yang jauh lebih dahsyat dari yang kita alami. Mereka mungkin kehilangan kedua kakinya atau mereka lahir dan hidup di kemiskinan yang amat sangat. Tetapi apapun kesulitan yang dihadapi, anda akan selalu menemukan orang-orang yang dapat mengatasi kesulitan tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh :

– Lance Armstrong, kehilangan salah satu testis nya akibat kanker dan mengalami penderitaan yang amat sangat pada tubuhnya akibat kemoterapi yang ia jalani. Namun ia mampu menjuarai Tour de France sebanyak 7 kali – sebuah kejuaraan balap sepeda paling bergengsi sedunia.

– Ringo Starr, pemain drum grup musik the Beatle. Ia berasal dari keluarga yang sangat miskin. Hidup masa kecilnya selalu ditemani dengan penyakit dan menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sakit.

– Hellen Keller, pada usia 19 bulan tiba-tiba jatuh sakit dan kemudian kehilangan indera pendengaran dan penglihatannya, dimana saat itu ia sedang aktif-aktifnya belajar berbicara sebagaimana balita seusianya. Ia akhirnya menjadi pembicara dan motivator yang terkenal di dunia dan menjadi pengacara untuk banyak kasus-kasus sosial.

– Wilma Rudolph, semenjak kecil menderita karena campak, cacar air, gondok, radang paru-paru dan bahkan polio. Akibat polio, kakinya menjadi sangat lemah dan bentuknya berubah. Dokter mengatakan bahwa ia tidak akan pernah bisa berjalan lagi. Wilma Rudolph kemudian tercatat sebagai peraih 3 medali emas olimpiade 1960 dalam perlombaan lari.

– Mark Inglis, mengalami kecelakaan saat pendakian gunung, mengakibatkan kedua kakinya harus diamputasi. Tetapi setelah kejadian itu, ia mendaki gunung Everest – gunung terganas di dunia.

Contoh diatas adalah kasus-kasus dimana orang-orang menghadapi rintangan yang sangat ekstrim, dan anda mungkin berpikir mudah saja bagi saya menuliskan cerita mereka. Tetapi bukan itu permasalahannya. Pemikirannya adalah : apa yang bisa anda lakukan dibalik kekurangan anda, apapun itu.

Seperti telah saya kemukakan diawal bahwa kita semua pasti memiliki kekurangan, dan walaupun anda pasrah terhadap rintangan-rintangan yang anda hadapi, anda akan selalu menemukan orang-orang yang dapat mengatasi rintangan tersebut. Anda hanya akan melihat keberhasilan mereka saja mengatasi rintangan yang sama dengan yang anda hadapi ataukah anda justru yang berhasil mengatasi rintangan tersebut. Sikap kita menghadapi rintangan adalah yang utama.

“Rintangan-rintangan tidak dapat menghentikan anda. Masalah-masalah tidak dapat menghentikan anda. Orang lain tidak dapat menghentikan anda. Hanya anda yang dapat menghentikan anda sendiri.”
– Jeffrey Gitomer –

Sebelum saya akhiri artikel ini, saya ingin meminta waktu anda beberapa menit lagi untuk melihat sebuah video klip yang luar biasa. Video ini bercerita tentang seseorang bernama Nick Vujicic, yang dilahirkan tanpa kaki dan tangan. Hidup dengan banyak rintangan, bahkan sebagian orang menyebutkan rintangan yang mustahil ia lalui. Namun Nick sungguh luar biasa, ia dapat melalui semuanya layaknya orang normal. Nick kini menjadi sumber harapan dan inspirasi bagi jutaan orang di muka bumi.

 

loading...

 

16 comments

1 mashengky.com { 05.21.09 at 6:11 pm }

waduh jadi terharu deh.. ternyata saya sangat beruntung dibandingkan orang2 yang masih berjuang..

makasih mas atas postingan yang berbobot ini..

2 afendi { 06.20.09 at 8:13 pm }

menggugah banget….tapi model perjuangan mereka apa?

3 fenti { 04.08.11 at 10:18 pm }

Karena kekurangan yg kita punya belum tentu menjadikan kita tidak berarti. Tuhan menciptakan kita dengan suatu tujuan, dan kelebihan seseorang pun belum tentu menguntungkan pribadi tsb. Sukses untuk semua.

4 ida { 05.01.11 at 11:19 am }

melihat artikel + video ini bikin saya malu sendiri betapa tidak bersyukurnya saya selama ini, yg selalu merasa rendah diri & merasa tidak mampu melakukan sesuatu…padahal pd dasarnya saya hanya takut mendapat cibiran & omongan yg tdk mengenakkan dari orang2….dan hal itu bikin saya kdg2 merasa tdk bahagian & stress yg tdk beralasan…mdh2an saya bisa berubah menjadi org yg pandai bersyukur & lbh berani menghadapi hidup…amin

5 ibnu aris { 03.23.12 at 10:44 pm }

cerita anak manusia menuju kesuksesan, sebut saja namanya Dony, ia seorang yang sangat menjaga penampilanya tetap prefek kapan saja dan dimana saja untuk menemui clean , ia sering berbicara tidak pada yang sebenarnya terkadang sering meng-agung-agungkan dirinya punya mitra bisnis yg besar dan sukses walau nama tersebut adalah anonim, itulaah trik Dony dalam meraih sukses yg bersifat kamuflase, berbeda dengan Aris ia meraih sukses dengan mengandalkan kejujuran ,walau lambat tapi dirasa memuaskan batin mengingat kepercayaan clean adalah segalanya untuk tetap eksis. Kesimpulan dari dua kisah anak sukses diatas bukanlah hal yg buruk untuk kita aplikasikan kedua-duanya melainkan dibutuhkan tangung jawab apabila diantara kedua belah pihak terjadi saling claim kebenaranya.

6 Tino { 04.13.12 at 9:41 am }

Harusnya aku bersyukur atas apa yg sy miliki sekarang,,
di banding mereka

7 gilang { 04.18.12 at 8:36 pm }

bersyukur dengan apa yg allah berikan pada saya,entah itu kelebihan ataupun kekurangan saya,membuat saya merasa yakin bahwa allah telah memberikan yg terbaik buat saya…..(hidup itu jangan dijadikan beban,nikmatilah hidup ini dengan apa yg kita dapat hari ini skecil apapun) terus bersyukur…………..dan bersyukur…..

8 Fitria { 02.03.13 at 11:48 pm }

Aku setuju. Aku juga begitu, aku punya kekurangan, hingga akhirnya aku berpikir bahwa masa depan ku tidak bakalan seperti mereka, mereka mengejekku, mereka menetawakan ku. Dan aku berpikir bahwa kita harus bersyukur kepada tuhan, kita tdk boleh menyianyiakannya. Dan aku mulai bangkit dari penyesalan itu, aku menyadari bahwa aku memiliki sesuatu yg tdk mereka punya, dan akhirnya aku percaya akan diriku dan aku menyalurkan bakatku tanpa rasa malu akan kekuranganku.

Aku sangat tersentuh membacanya, ini menunjukan bahwa “orang cacat dapat berkarya”
terima kasih atas naskahnya.

9 Kezy Claudia Dohona { 02.20.14 at 12:33 pm }

Bgamana kita mau maju kalau fasilitas tdk mndukung, dn terkdang kluarga pun tdk perhatian?

10 ulfa ulinnuha { 03.02.14 at 1:11 pm }

yeah… great!!!
antara kekurangan dan kelebihan… Tuhan Maha Adil…

11 Heriyansyah { 06.24.14 at 6:35 am }

Trma ksih y mas bro ats pnjlsan nya, sgat brmanfaat bgi sya & kluarga.

12 hayati { 01.12.15 at 9:29 pm }

Ijin share gan, sangat memotivasi sekali ceritanya
Itulah mengapa saya sangat optimis meniti karier saya di bisnis
Karena jika orang lain bisa saya yakin saya pasti bisa
Salam
Hayati
WA:085246114287
pin:25ba31ec

13 rahmid { 03.06.15 at 12:13 am }

Entah apa yang terjadi dalam hidupku. Apa benar aku ini adalah orang jahat? Aku semakin hari semakin terpuruk, semakin bingung untuk melangkah, akhirnya aku hanya diam, ya… aku hanya bisa diam.

Jika hari esok masih ada untukku, mungkinkah hidupku akan berubah? Aku hanya ingin semua kembali normal, aku ingin kembali menjalani hidupku dengan tenang. Selama ini, aku hanyalah kapas putih yang terbang tanpa tau tujuan akhirku. Aku hanya menjadi ‘kambing hitam’ dari setiap masalah yang tidak aku lakukan.

Semakin jauh cita-citaku raih, yang ada sekarang adalah deretan masalah yang membuatku tak nyenyak tidur dan tak enak makan. Batinku semakin sakit, saat aku sadar tidak ada yang mau mendengarkan aku, tidak ada yang mau dengar ceritaku, mereka justru mencemooh dan menghinaku. Tidakah ada orang tulus sekarang? Tidakah ada orang yang benar-benar baik?

Ayah… Ibu… tahukah kalian akan deritaku sekarang? Apa kalian ikut merasakan? Bukankah kalian yang membuat aku ada di dunia ini, tapi kemana kalian? Kenapa kalian biarkan aku sendiri? Terkadang aku benci, terlebih kepadamu Ayah. Sejak aku lahir hingga sekarang tak ada yang tanggung jawabmu yang bisa aku rasakan. Rasanya aku ingin marah, rasanya aku ingin berteriak dihadapanmu, rasanya aku ingin memperlihatkan hidupku yang menderita, tapi percuma…. kamu tidak peduli !!!

Lantas, untuk apa aku dilahirkan? Benarkah hanya untuk merasakan sakit? Kemana orang-orang yang dulu berkata menyayangiku? Sekarang tak nampak ketika aku terpuruk. Hidup ini sungguh aneh untukku. Entah sampai kapan aku akan bertahan, entah untuk apa juga aku sekarang hidup, aku tidak lagi berarti…..

Masih adakah harapan untukku? Untuk aku yang sekarang menderita? Untuk aku yang masa depannya sudah hancur berantakan? Bisakah aku bangkit dan memulai lagi? Bisakah aku menata hati untuk menata hidupku lagi? Bisakah aku terbebas dari penderitaan ini? Entah……

Pertanyaan yang sampai sekarang aku belum menemukan jawabannya, “Apakah aku ini berarti untuk orang-orang disekitarku?”

Entahlah, tapi kenapa mereka acuh terhadapku. Apakah aku ini begitu jahat sehingga aku terabaikan? Atau memang benar bahwa kehadiranku tidaklah penting untuk mereka? Lantas aku hidup untuk siapa jika aku ini tidak berarti?

Selalu salah, selalu kalah, itulah aku. Entah sampai kapan aku akan merasakan hal seperti ini. Jelas aku merasa lelah dengan yang ada sekarang. Aku hanya berarti saat dibutuhkan, sementara saat aku butuh, tak ada yang mendengar dan memahamiku.

Sampai kapan aku akan sanggub bertahan, kekuatanku semakin hari semakin hilang. Aku sendirian tak berkawan. Tak ada yang mau mendengarkan aku, dan tak ada yang mau memahami aku.

14 Guslian { 04.30.15 at 8:32 am }

Terimakasih atas postingannya.
Sangat mmotivasi saya untuk menjadi lbh smngat dengan kkuranganku

15 kefftoys { 08.13.15 at 5:08 pm }

ane yakin yang coment d sini gak ada yang kekurangan banget..walau pun ada kekurangan!!..sudah bisa dipastikan kekurangan agan2 hanya secuil dibanding orang2 yang tidak tahu internet dan tidak mempunyai smartphone, pc,laptop .:-D

16 very { 07.11.16 at 12:45 pm }

Kadang kegagalan berulang kali membuat hati putus asa untuk menggapai sebuah harapan lagi..
Tapi setelah membaca kisah diatas banyak motivasi yang bisa diraih dalam kehidupan ini..trims

Leave a Comment