Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Keberhasilan Adalah Arah Yang Anda Pilih

keberhasilan

Banyak orang percaya bahwa keberhasilan merupakan akibat atau hasil spesifik, tempat tujuan di mana mereka akan tiba suatu hari. Mereka mungkin mendefinisikan keberhasilan sebagai jumlah uang tertentu di bank, jenis mobil atau rumah tertentu, atau pekerjaan, gelar, atau hubungan spesifik. Semua ini mungkin merupakan bagian dari keberhasilan Anda —sasaran yang Anda capai sepanjang jalan — tetapi bukan keberhasilan itu sendiri.

Keberhasilan adalah lebih dari sekadar realisasi satu sasaran, atau bahkan beberapa sasaran. Sasaran itu penting bagi pertumbuhan dan kehidupan, dan merupakan cara penting untuk mengukur kemajuan anda, tetapi sasaran bukanlah “keberhasilan.” Memperoleh mobil, atau rumah, atau pekerjaan tidak berarti bahwa Anda telah mencapai keberhasilan. Sasaran ini merupakan batu loncatan dalam proses Anda — alat untuk menuju suatu tujuan — tetapi bukan tujuan itu sendiri.

Keberhasilan bukanlah tempat tujuan spesifik; keberhasilan adalah arah yang Anda pilih. Ini adalah suatu proses, perjalanan yang tidak pernah berakhir. Ini adalah kemajuan terus-menerus ke arah tujuan tertinggi Anda, visi Anda, dan kehidupan impian Anda — dalam semua bidang. Banyak orang yang sangat berhasil dalam bidang finansial tetapi tidak merasa bahagia atau puas. Mereka tidak benar-benar berhasil. Orang lain memiliki hubungan yang hebat, tetapi tidak berhasil secara finansial. Tidak satu pun dari orang-orang ini yang benar-benar berhasil.

Penulis dan filsuf Earl Nightingale mengatakan bahwa keberhasilan adalah “realisasi secara progresif sebuah cita-cita yang berharga.” Ini berarti bahwa keberhasilan adalah kesadaran yang selalu meluas, kebijaksanaan yang selalu bertumbuh.

Karena keberhasilan adalah arah yang Anda pilih, penting Anda mengetahui dua hal:
1. Anda perlu mengetahui apa yang benar-benar Anda inginkan dari kehidupan, dalam hati dan jiwa Anda.
2. Anda perlu mengetahui bahwa itu adalah arah Anda, arah yang telah Anda pilih sendiri.

Anda adalah satu-satunya orang yang dapat mendefinisikan keberhasilan bagi anda. Pastikan anda memilih arah anda sendiri, bukannya mengejar sasaran yang masyarakat atau orang lain katakan kepada anda sebagai sesuatu yang “harus” anda inginkan. Jika tidak, anda akan menemukan diri anda sendiri berada di puncak tangga, tetapi tangga itu bersandar pada dinding yang keliru!

Keberhasilan Berasal dari Dalam, Bukan dari Luar

Keberhasilan berasal dari dalam diri. Beberapa orang memperdebatkan bahwa tingkat keberhasilan mereka dalam kehidupan ditentukan oleh keadaan, keterampilan, faktor-faktor lingkungan, atau peluang mereka. Keberhasilan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal atau lingkungan ini, tetapi tidak ditentukan atau disebabkan oleh faktor-faktor itu.

Lingkungan di mana Anda tumbuh dewasa, berapa banyak uang yang Anda miliki saat ini di rekening bank, apakah Anda menyukai pekerjaan Anda saat ini, atau apakah Anda merasa seolah-olah Anda terbatas dalam suatu hal atau tidak, semua faktor ini hanya menghasilkan sedikit perbedaan. Tidak masalah bagaimana kedua orangtua Anda memperlakukan atau tidak memperlakukan Anda. Tidak menghasilkan perbedaan apakah Anda berusia delapan puluh tahun atau dua belas tahun, apakah Anda memiliki gelar Ph.D. atau tidak pernah menyelesaikan sekolah menengah. Tidak ada artinya pekerjaan apa yang Anda lakukan saat ini, apakah hubungan Anda hancur atau sangat luar biasa. Sejarah membuktikan bahwa ada ratusan orang dengan keadaan kurang sempurna telah menjadi sangat berhasil walaupun tampaknya menghadapi tantangan yang luar biasa.

Walt Disney adalah contoh yang hebat. Ia pernah dipecat dari pekerjaan karena tidak memiliki cukup kreativitas, dan ia gagal enam kali sebelum ia berhasil mewujudkan Disneyland.

George Lucas tidak mempunyai uang sama sekali ketika selesai membuat Star Wars sampai-sampai ia tidak dapat membuat poster untuk pertunjukan perdana filmnya. Menjelang akhir pembuatan film, ketika mereka mengambil adegan ratusan orang menyambut para pahlawan pulang dari pertempuran, mereka hampir tidak memiliki uang untuk mempekerjakan figuran. Mereka memecahkan masalah ini dengan mengambil gambar sedikit orang yang dapat mereka bayar, dan lalu meminta mereka bergerak ke satu bagian dari sebuah aula yang sangat besar. Kemudian mereka menghentikan kamera, dan meminta semua orang yang sama itu bergerak ke bagian lain dari aula itu, dan mengambil gambar mereka kembali. Mereka mengulangi proses ini lima kali dan kemudian memadukan urutan-urutannya, sehingga hanya dengan sedikit orang yang bergerak dari satu bagian ke bagian lain dari aula itu, mereka menciptakan ilusi ratusan orang figuran dan aula yang penuh dengan orang.

Menjelang pengambilan gambar selesai, George Lucas memiliki sangat banyak hutang, tetapi ia tidak pernah meragukan visi dan impiannya. Ia menanyakan ke studio apakah mereka bersedia mempertimbangkan untuk memberinya hak jual mainan dan produk-produk Star Wars lain sehingga ia dapat membayar utangnya, dan mereka setuju. Selama dua puluh tahun kemudian, perusahaan Lucas telah menjual lebih dari 1,5 miliar dolar dalam bentuk mainan Star Wars.

Dengan keuntungan dari mainan itu, ia membangun salah satu studio special effects terbaik di dunia, Industrial Light and Magic, dan mengambil kembali gambar trilogi Star Wars persis seperti yang semula ia maksudkan. Ia mengedarkan kembali film itu untuk menerima ulasan yang penuh pujian dan memperkenalkan Star Wars kepada generasi penggemar yang baru. Filmnya menjadi film nomor satu, baik ketika diedarkan pertama kali maupun untuk kedua kali. Walaupun ada banyak tantangan, Lucas percaya pada visinya dan lebih berhasil daripada impian-impiannya yang paling dahsyat.

 

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment

Loading...