Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Kekuatan Sebuah Rutinitas yang Konsisten

rutinitas

Konsep rutin menyiratkan melakukan hal yang sama berulang-ulang. Jadi, bagi banyak orang, ini mungkin terdengar seperti sesuatu yang mengeluarkan spontanitas dari kehidupan.

Namun, orang-orang ini secara serius tidak mengindahkan betapa pentingnya rutinitas yang konsisten. Dengan menjalankan rutinitas dalam hidup anda, anda justru akan menyadari bahwa anda memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk menjadi spontan. Melakukan konsistensi ini dapat memberikan semua yang anda butuhkan dalam hidup dan bahkan sedikit tambahan.

Rutinitas yang konsisten memberi anda kekuatan untuk mengendalikan takdir anda sendiri, jadi ini adalah area kehidupan yang layak untuk diinvestasikan dalam waktu dan usaha anda. Untuk menunjukkan kekuatan dari konsistensi, kita akan melihat manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh hal ini pada hidup anda.

1. Meningkatkan Efisiensi Anda

Pepatah lama “latihan menjadikan sempurna” tidak pernah lebih benar daripada bila diterapkan pada rutinitas sehari-hari. Bagaimanapun, dengan terus-menerus meninjau kembali pola dan proses yang sama berulang-ulang, anda akan mendapati bahwa anda tidak hanya memperbaiki kemampuan anda untuk menyelesaikan sesuatu, namun juga segera menjadi sifat kedua dan anda bahkan tidak perlu memikirkannya dalam melakukan hal tersebut.

Ini adalah bonus nyata untuk aktivitas sehari-hari anda karena ini membebaskan ingatan sadar anda untuk menghadapi tantangan baru yang mungkin anda hadapi. Karena itu, anda akan menjadi lebih efisien dan mampu meningkatkan produktivitas anda.

2. Baik Untuk Kesehatan Mental Anda

Tidak terorganisasi akan membuat kekacauan dan, pada gilirannya, ini melahirkan stress; Ini adalah sesuatu yang dibutuhkan seseorang di abad ke 21 karena hidup telah membawa banyak ketegangan. Namun, begitu anda mulai mengembangkan rutinitas yang konsisten, anda akan menemukan bahwa kekacauan dan kegelisahan ini segera terangkat.

Dengan memikirkan rutinitas sehari-hari – dan kebahagiaan mengetahui bahwa anda dapat mencapainya – anda akan menemukan bahwa ini memberi anda kerangka kerja untuk merencanakan hari anda dan mengurangi hal-hal yang tak terduga. Setiap hari adalah sebuah perjalanan dan anda perlu mengetahui rute terbaik untuk menyelesaikannya secara efektif; Rutinitas sehari-hari memberi anda kekuatan untuk mencapainya.

3. Membawa Struktur untuk Kehidupan Anda

Agar sukses dalam kehidupan, anda memerlukan struktur karena memberikan dasar organisasi yang baik untuk membantu menjadwalkan hari anda. Memahami dengan tepat bagaimana perjalanan hari anda, akan bermanfaat dalam mendistribusikan energi anda sepanjang hari.

Setelah satu tugas selesai, anda tahu kemana langkah anda selanjutnya, misalkan setelah lari pagi, anda akan mandi kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi. Rutinitas yang konsisten ini tidak hanya mencakup satu hari di depan anda saja, namun ini juga dapat membantu anda merencanakan beberapa hari pada suatu waktu, dimana kelak akan memperkuat kendali yang dapat anda miliki melebihi takdir anda sendiri.

4. Menyediakan Anda Waktu untuk Bersantai

Kita semua sepertinya hidup semakin sibuk, jadi waktu untuk duduk santai menjadi kemewahan yang langka. Namun, kesempatan untuk menarik nafas dan menikmati beberapa waktu berkualitas tidak harus tetap menjadi fantasi.

Rutinitas yang konsisten dapat membantu anda menyusun hari anda dengan cara yang sangat efisien sehingga anda dapat menyisihkan waktu untuk bersantai. Keindahan untuk dapat bekerja dengan beberapa waktu santai adalah faktor penghargaan yang sangat besar karena anda telah berpegang pada rutinitas harian anda dan dapat memotivasi anda untuk melanjutkan.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Agar tubuh berfungsi efektif, kita perlu tidur tujuh jam yang baik. Tapi jika hidup anda tidak memiliki rutinitas yang konsisten, maka tidak ada jaminan untuk bisa menjadwalkan tidur berkualitas. Dan efek akibat pola tidur yang tidak terorganisir adalah anda menjadi kurang produktif pada siang hari dan akhirnya seluruh rutinitas anda menjadi dapat dikompromikan.

Dengan rutinitas yang konsisten, anda akan segera menemukan bahwa anda dapat menjadwalkan tidur tujuh jam yang baik pada waktu yang sama setiap malam. Hal ini memungkinkan anda terbangun dengan perasaan segar dan siap menghadapi hari.

6. Tidak Ada Tugas yang Menumpuk Lagi

Salah satu manfaat dari rutinitas sehari-hari adalah memungkinkan anda mendedikasikan sedikit waktu setiap hari untuk tugas tertentu dan ini memastikan bahwa tugas tersebut tidak menumpuk. Misalnya, jika anda menghabiskan 10 menit setiap malam untuk menyetrika pakaian anda, maka di akhir minggu, anda tidak akan dihadapkan pada tumpukan pakaian yang tampaknya tidak dapat diatasi.

Rutinitas yang konsisten memberi anda kekuatan untuk memecahkan tugas yang lebih besar ke dalam kelompok yang lebih kecil dan memastikan tidak ada tugas tunggal yang terbengkalai. Dan, setelah anda memiliki konsistensi semacam ini dalam hidup anda, anda akan menyadari betapa banyak stress yang berkurang dan waktu yang dihemat saat ini.

7. Meningkatkan Penentuan Nasib Anda Sendiri

Meski rutinitas sehari-hari bisa segera menjadi kebiasaan, ini bukanlah sebuah proses instan; Banyak kemauan dan penentuan nasib sendiri diperlukan untuk memastikan anda bangun jam 6 pagi setiap pagi untuk berlari sejauh 5 km dan kemudian membuat sarapan segar dan sehat.

Begitu anda mulai menuai manfaat dari rutinitas yang konsisten, fungsi penghargaan otak anda akan mendorong penentuan nasib sendiri anda ke tingkat yang baru. Hasil akhirnya adalah bahwa anda meraih lebih dari yang pernah anda lakukan sebelumnya dan itu semua berkat transformasi dari rutinitas sehari-hari yang anda lakukan.

8. Kebiasaan Buruk Menjadi Masa Lalu

Musuh sejati dari rutinitas yang konsisten adalah hidup yang penuh dengan kebiasaan buruk. Bagaimanapun, bangun pagi untuk memulai rutinitas harian anda mungkin terdengar seperti ide yang fantastis, tapi jauh lebih mudah untuk tetap di tempat tidur dan menunda alarm jam anda berkali-kali.

Kebiasaan buruk seperti ini, jika dibiarkan akan segera berkembang dan hidup anda mulai berputar di banyaknya pilihan ‘mudah’. Sementara, dalam jangka pendek, ini mungkin membuat anda merasa sangat nyaman dan santai, namun dalam jangka panjang ini akan mengarah pada penumpukan tugas yang akan menyebabkan anda sakit kepala. Sekali lagi, rutinitas yang konsisten dapat membantu anda membuang kebiasaan buruk ini dan menjadi lebih produktif.

 

Loading...