Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Manfaat Aromaterapi Untuk Kesehatan yang Tidak Anda Duga

manfaat aromaterapi

Meragukan manfaat aromaterapi untuk kesehatan?
Jangan terlalu cepat menilai.

Aromaterapi adalah teknik relaksasi yang umum dikenal, namun juga bisa digunakan untuk meredakan banyak masalah kesehatan. Jika anda ingin memperbaiki kesehatan anda atau sekedar menginginkan cara baru untuk bersantai, baca terus untuk mengetahui apa saja manfaat aromaterapi yang bisa dilakukan untuk anda.

Apa itu Aromaterapi?

Menurut The National Association of Holistic Aromatherapy, aromaterapi didefinisikan sebagai “seni dan sains memanfaatkan esensi aromatik yang diekstraksi secara alami dari tumbuhan untuk mencapai keseimbangan, keselarasan dan kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.”

Aromaterapi menggunakan minyak esensial yang bisa diekstrak dari bunga, biji, kulit kayu, tumbuh-tumbuhan, dan akar. Meskipun tidak banyak bukti yang mendukung keefektifannya dalam mengobati atau mencegah penyakit, ada beberapa studi klinis yang menganggapnya sebagai metode terapi gratis yang efektif.

Dan siapa yang tidak menyukai aroma minyak esensial yang harum saat digunakan untuk memijat atau mandi busa?

Manfaat Memasukkan Aromaterapi ke dalam Hidup Anda

1. Mengurangi Stress

Jika kita mendengar kata aromaterapi maka mungkin yang terlintas dalam otak kita adalah suasana santai. Nah, ada ilmu yang mendukungnya. Aromaterapi yang menggunakan aroma lavender telah terbukti mengurangi stress.

Dalam satu penelitian, peserta yang menggunakan aromaterapi merasakan sakit yang berkurang dan telah mengurangi tingkat stress selama keadaan tertekan, dibandingkan dengan peserta yang tidak menggunakan aromaterapi.

Penelitian lain menunjukkan penurunan tingkat stress pada pasien kanker yang telah menjalani perawatan aromaterapi.

2. Memerangi Depresi

Aroma jeruk dan vibrant (semangat) memiliki kecenderungan menggembirakan yang cenderung mengurangi efek depresi. Jika anda jatuh dalam kesedihan, cobalah pijat dengan minyak esensial dan lihat apakah itu membantu membuat senyuman di wajah anda.

(Baca juga artikel: Cara Mengatasi Depresi

3. Mengendalikan Rasa Sakit

Salah satu manfaat aromaterapi yang terbaik adalah dapat mengurangi rasa sakit. Clary sage adalah aroma alami yang hebat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit, dan yang paling umum dikenal adalah karena keberhasilannya untuk mengurangi nyeri haid.

4. Memperbaiki Tekanan Darah

Aromaterapi telah terbukti menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Jika anda terserang tekanan darah tinggi, aromaterapi memungkinkan anda cukup rileks untuk mengembalikan tekanan darah anda lebih dekat ke tingkat yang sehat.

Cara Menggunakan Aromaterapi

Ada tiga cara minyak esensial aromaterapi paling sering digunakan:

1. Selama pemijatan

Karena kadar konsentrasinya yang tinggi, minyak esensial terlebih dahulu diencerkan dengan minyak pembawa alami, yang umumnya terdiri dari zaitun, almond, kedelai, dan biji anggur. Minyak pembawa ini diperlukan untuk menyebarkan minyak esensial dan menghindari reaksi kulit yang negatif. Aromaterapi kemudian diusap ke seluruh tubuh dan dibiarkan meresap ke dalam kulit.

2. Dengan menghirupnya

Ada beberapa metode berbeda yang umum digunakan untuk menghirup minyak esensial. Salah satu cara yang umum adalah dengan menempatkan beberapa tetes minyak tersebut pada saputangan, kemudian dekatkan pada hidung anda dan hirup dalam-dalam.

Cara lain adalah memanaskan semangkuk air, tambahkan beberapa tetes minyak esensial dan hirup uapnya. Metode terakhir adalah menggunakan kompor minyak esensial untuk memungkinkan minyak mengisi seluruh ruangan.

3. Dengan menempatkannya di bak mandi

Menambahkan beberapa tetes minyak essensial ke bak mandi busa adalah metode santai dan efektif untuk penggunaan aromaterapi. Panasnya air menciptakan uap yang bisa dihirup, sementara minyaknya meresap ke dalam kulit. Duduklah dengan rileks, dan biarkan uap meresap.

Kesimpulan Manfaat Aromaterapi

Meski sering digunakan untuk metode rileks, namun terdapat beberapa manfaat aromaterapi untuk kesehatan, mulai dari bantuan terhadap stress atau depresi, penanganan nyeri hingga perbaikan tekanan darah, aromaterapi bisa mendukung dengan apa yang diperintahkan oleh dokter.

Jadi jika anda merasa sedih atau hanya ingin meningkatkan mood anda, pijat, hirup, atau mandi dengan menggunakan beberapa tetes minyak esensial dan rasakan kekhawatiran anda melayang jauh.

 

Loading...