Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Manfaat Madu yang Mengagumkan

manfaat madu

Madu adalah salah satu obat tertua yang dikenal di dunia. Sifatnya yang anti-bakteri dan menyembuhkan membuatnya menjadi obat alami yang hebat bagi banyak masalah kesehatan.

Madu lebih dari sekedar pemanis untuk roti panggang anda di pagi hari. Madu sarat dengan manfaat kesehatan.

Kualitas penyembuhan madu yang hebat telah dikenal sejak dahulu kala: madu merupakan obat yang paling sering digunakan di jaman Mesir kuno – Karena dianggap begitu berharga sampai-sampai digunakan sebagai bentuk mata uang; legiun Romawi mengobati luka mereka dengan madu, dan atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade kuno mengkonsumsi madu dan buah ara kering untuk meningkatkan kinerja olahraga mereka.

Hippocrates, bapak kedokteran modern, percaya pada madu sebagai penyembuh yang luar biasa. “Madu menyebabkan panas, membersihkan luka, menyembuhkan bisul dan borok,” tulisnya.

Kita harus berterima kasih pada lebah pekerja keras untuk karunia yang berharga ini. Serangga kecil ini mengumpulkan nektar dari bunga, yang bercampur dengan air liurnya, untuk kemudian ditelan, dicerna dan dimuntahkan kembali – menjadi apa yang kita sebut madu, dan setelah itu disimpan oleh lebah dalam sarangnya.

Madu dapat meningkatkan kesehatan anda dalam berbagai cara. Cobalah tips-tips berikut ini untuk mendapatkan pengalaman penyembuhan bagi diri anda sendiri.

8 Manfaat Madu yang Menakjubkan

Sakit tenggorokan dan batuk

Salah satu manfaat kesehatan yang paling terkenal dari madu adalah kemampuannya untuk menenangkan sakit tenggorokan dan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Madu memiliki sifat antibakteri yang kuat dan melepaskan rasa sakit sementara.

Kombinasikan sesendok madu dengan jus lemon segar yang diperas dan minum secara berkala. Anda juga dapat mencampur madu dengan jus lemon dan sedikit garam, setelah itu anda kumur.

Madu juga meringankan batuk ringan (terutama untuk batuk pada anak-anak di malam hari) dan mendorong sistem kekebalan tubuh yang tinggi – dapat membantu menangkal pilek.

(Harap dicatat bahwa madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 12 bulan.)

Luka, luka tersayat dan luka bakar

Madu merupakan obat pertolongan pertama yang sangat baik karena merupakan antiseptik alami. Madu menghambat pertumbuhan bakteri dan karena itu membantu menjaga luka tetap bersih dan bebas dari infeksi.

Setelah luka dibersihkan pelan-pelan dengan air hangat dan sabun ringan, oleskan madu sebelum luka ditutup. Ganti perban setiap 24 jam.

manfaat madu

Demam karena alergi serbuk sari

Apakah Anda menderita alergi serbuk sari? Konsumsi madu lokal di daerah anda (dan belum dicampur dengan madu dari daerah lain) dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala alergi anda.

Mengapa madu lokal? Madu lokal mengandung jumlah yang sangat kecil dari serbuk sari yang ditemukan di daerah anda. Sejumlah kecil serbuk sari tidak cukup untuk memicu reaksi alergi ketika anda menelan madu lokal, tetapi mereka membantu tubuh anda untuk membangun toleransi terhadap serbuk sari.

Kesehatan pencernaan

Madu memiliki efek laksatif ringan yang dapat membantu memerangi sembelit dan kembung. Hal ini dikarenakan madu memiliki bakteri ramah yang bertindak sebagai probiotik dan menjaga pencernaan serta sistem kekebalan tubuh yang baik. Untuk membantu pencernaan dengan ramuan buatan sendiri, cobalah teh dengan madu dan lemon.

Madu juga dapat efektif dalam pengobatan ulkus – membutuhkan waktu 1 hingga 2 sendok teh madu pada perut kosong (setengah jam sebelum makan) sampai tiga kali sehari untuk mengurangi rasa sakit dan membantu penyembuhan.

Mabuk

Apakah anda telah terlalu banyak minum (alkohol)? Madu adalah cara yang bagus untuk membantu tubuh mengatasi efek racun dari mabuk, begitu yang para ilmuwan katakan.

Fruktosa dalam madu membantu tubuh memecah alkohol menjadi bahan yang tidak berbahaya. Madu juga mengandung sifat antioksidan kuat yang dapat menetralkan efek berbahaya dari alkohol. Nikmati dua sendok makan madu secara langsung, atau dioles diatas roti panggang.

Kulit yang sehat

Madu sangat bagus untuk kulit anda karena menjaga tingkat kelembaban kulit. Jika anda menderita kulit kering, oleskan madu pada kulit anda, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Legenda mengatakan bahwa Cleopatra mandi dalam susu dan madu untuk kecantikan dan menjaganya tetap awet muda. Lakukan mandi air hangat, berikut tambahkan satu cangkir susu dan setengah cangkir madu. Jika anda suka, anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial (mawar, melati dan lavender adalah pilihan yang sangat baik).

Sifat antibakteri madu juga bagus untuk jerawat. Perlakukan bintik-bintik pada kulit anda dengan mengoleskan madu mentah dengan jari bersih pada kulit dan bilas dengan air hangat setelah 20 menit.

Gigitan nyamuk

Madu dapat membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk. Oleskan sedikit madu mentah tepat di gigitan. Sifat anti-mikroba madu juga akan membantu mencegah infeksi.

Kinerja olahragawan

Madu dapat meningkatkan kinerja dan tingkat daya tahan para atlet serta mengurangi kelelahan otot. Ini berkat kombinasi sempurna dari glukosa dan fruktosa dalam madu.

Glukosa yang diserap cepat oleh tubuh akan memberikan dorongan energi dengan segera, sedangkan fruktosa diserap lebih lambat, sehingga menyediakan energi yang berkelanjutan. Perpaduan ini juga membantu mengatur kadar gula darah.

Madu juga telah dibuktikan dapat meningkatkan antibodi dan melawan peradangan. Ambil sesendok madu sebelum berolahraga.

Tips tambahan

Apakah madu anda mengkristal? Jangan segera membuangnya – karena itu tidak seburuk yang anda perkirakan!
Anda dapat mengembalikan ke bentuk cair dengan memanaskan perlahan-lahan dalam mangkuk berisi air hangat, atau dengan memasukkannya ke dalam microwave selama beberapa detik.

 

Loading...

 

1 comment

1 MARUAHAL SIAHAAN { 12.19.14 at 9:45 am }

Saya sangat terbantu atas informasinya. Terima kasih.

Leave a Comment