Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Mengapa Anda Tidak Perlu Khawatir Dengan Kegagalan?

kegagalan

Foto oleh Behrooz Nobakht

Jika anda pernah mencoba sesuatu hal yang baru dan gagal, saya yakin bahwa anda adalah seseorang yang enak untuk saya ajak bicara dibanding dengan orang-orang yang merasa semuanya lancar-lancar atau baik-baik saja.

Orang-orang seperti itu menurut saya, tidak pernah mencoba sesuatu hal yang baru. Namun anda adalah seseorang yang berbeda …… lho dari mana saya tahu? …. Karena anda berkunjung ke blog saya dan membaca artikel-artikel saya ini, yang berarti anda ingin merubah kehidupan anda menjadi lebih baik dari saat ini. Anda ingin mencari sesuatu hal yang baru yang dapat anda terapkan di kehidupan anda.

Anda mempunyai semangat dan saya yakin anda juga mempunyai pengalaman hidup yang luar biasa. Mungkin sudah banyak sekali kegagalan yang anda rasakan dan mungkin juga sebagian dari anda sudah sampai pada taraf ragu akan keyakinan anda sendiri untuk meraih apa yang anda inginkan. Mampukah saya? Berhasilkah saya? Sepertinya saya tidak sanggup lagi menghadapi kegagalan. (lihat juga : Jangan Biarkan Kekurangan Anda Membatasi Diri Anda Untuk Maju)

Hal-hal dibawah ini adalah beberapa point tentang kegagalan yang ingin saya sharingkan kepada anda. Saya berkonsentrasi penuh selama 3 hari menyusun artikel ini, mudah-mudahan dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk anda. Setidaknya jika ada orang yang sangat terbantu dengan artikel ini, tentu saja akan membuat saya bahagia karena jerih payah saya tidak sia-sia :)

Kegagalan menciptakan pilihan-pilihan baru

Mungkin anda tidak dapat menyerap semua pelajaran yang anda terima dari kegagalan anda, namun tetap saja hal tersebut menjadi harta tak ternilai untuk anda. Kegagalan juga menjadi momen yang tepat dimana anda merenungkan kembali tujuan awal anda, melihat di sekeliling dan memutuskan alasan mengapa anda tidak boleh menyerah.

Bagian yang paling baik dari sebuah kegagalan adalah anda akan dibawa ke sebuah jalan yang belum pernah anda temukan sebelumnya.

Pintu yang baru akan terbuka, hubungan anda dengan beberapa orang mungkin akan bertambah kuat, sebaliknya mungkin juga hubungan anda dengan beberapa orang lain menjadi renggang karena anda gagal.

Kegagalan melatih kesabaran anda

Jika anda adalah orang yang cepat emosi, apalagi ketika anda mengalami kegagalan, itu adalah satu hal yang sangat alamiah. Saya rasa hampir semua orang merasakan kekesalan atau kemarahan ketika menghadapi kegagalan. Namun poin yang pentingnya adalah jangan memendam kekesalan atau kemarahan anda.

Poin kedua adalah jangan berusaha mencari hal-hal untuk dijadikan alasan kegagalan anda. Seperti, saya tidak mendapat dukungan dari pasangan saya, ini akibat saya tidak mempunyai modal yang cukup, saya tidak mempunyai kendaraan pribadi untuk mobilitas saya, saya memang dilahirkan dari keluarga yang bermental kecil, dsb.
Sekali anda menjadikan hal-hal tersebut sebagai alasan kegagalan anda, maka itu akan menjadi bagian dalam diri anda. Anda akan membawa alasan itu kemanapun anda pergi sehingga lama kelamaan akan meracuni anda.

Silahkan lampiaskan emosi anda, tentunya dalam batas-batas wajar. Mungkin anda ingin melampiaskannya dengan menangis, menangislah. Mungkin anda ingin melampiaskannya dengan pergi ke cafe untuk mendengarkan life musik, pergilah ke cafe.
Namun cukup sampai disitu. Masa depan yang sangat cerah masih menanti anda. Bangkit dan berjalanlah kembali.

Kegagalan merupakan sumber dari kreatifitas

Siapa yang menghendaki kegagalan? Namun jika anda tidak pernah berharap untuk mengalami kegagalan maka pikiran anda tidak dirangsang untuk berkembang. Gagal akan mendorong anda menjadi lebih kreatif.

Coba anda ingat-ingat kembali masa kecil anda. Jika anda lupa, anda bisa melihat pada anak anda sendiri atau anak-anak kecil di sekitar anda. Mereka tidak pernah takut akan berbuat kesalahan ataupun mengalami kegagalan. Mereka melakukan semua hal yang ingin mereka lakukan tanpa berpikir panjang resikonya. Kadang mereka jatuh namun dalam sekejap mereka bangkit dan berlari-lari kembali. Mereka kadang menemukan jalan buntu ketika melakukan sebuah permainan namun mereka tidak berhenti, mereka berusaha mencari solusi-solusi yang baru. Akibatnya pikiran mereka begitu kreatif. Kita semua bisa mencontoh pikiran murni mereka yang belum banyak terkontaminasi oleh lingkungan sekitarnya.

Kegagalan akan mengoptimalkan potensi anda

Mungkin anda mempunyai seorang ’guru’ dalam hidup anda atau atasan bagi mereka yang berkarir. Saya percaya bahwa guru atau atasan yang baik akan mengarahkan anda untuk berani mengambil resiko. Mereka mempunyai suatu keyakinan bahwa pikiran yang konservatif tidak akan membuat potensi diri keluar dengan optimal.

Semakin sering anda mengalami kegagalan, otak anda akan semakin dilatih untuk menghadapi permasalahan dan bagaimana mencari jalan keluarnya.

Saya meyakini bahwa setiap orang memiliki potensi diri yang sangat besar dengan keunikannya masing-masing. Anda dapat mengetahui kedahsyatan potensi yang anda miliki hanya dengan keberanian menghadapi masalah, tidak ada jalan lain.

Anda bisa melihat juga artikel rekan saya : Tukang Cendol juga Bisa Sukses.

Anda memperoleh kekuatan dengan mengalami kemalangan

Bersyukurlah jika anda mengalami kegagalan atau kemalangan. Karena dengan kegagalan anda sedang disiapkan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar. Anda akan ditempa untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Saya akan memberikan sedikit ilustrasi :

Anda tahu pohon bambu cina? Jika anda termasuk orang yang tidak sabar menunggu pertumbuhan sebuah tanaman, mungkin pohon bambu tersebut sudah menjadi korban anda.
Pohon bambu cina tidak akan menunjukkan pertumbuhan berarti selama 6-7 tahun pertama, mungkin hanya tumbuh beberapa puluh cm saja. Namun setelah waktu tersebut, pertumbuhan pohon bambu cina tidak dapat dibendung, ia tumbuh begitu cepatnya dan ukurannya bukan lagi cm melainkan meter.
Sebetulnya apa yang terjadi pada pohon bambu cina tersebut? …. Selama 6-7 tahun pertama, ia bukannya tidak mengalami pertumbuhan, hanya saja kita memang tidak melihat pertumbuhannya dengan kasat mata. Fokus pertumbuhan pohon bambu cina pada waktu tersebut adalah pada akar, bukan pada batang. Pohon bambu cina sedang menyiapkan pondasi yang kuat agar ia bisa menopang ketinggiannya yang berpuluh-puluh meter.
Bayangkan apa yang terjadi jika pohon bambu cina tidak mempunyai akar yang cukup kuat untuk menopang ketinggiannya? Sedikit tiupan angin saja akan membuatnya tumbang.

Jika anda seringkali mengalami kegagalan dan merasa koq jauh sekali dari kesuksesan yang anda impikan, bukan berarti anda tidak mengalami perkembangan. Justru anda sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa di dalam diri anda. Mental anda sedang ditempa dan dipersiapkan menuju kesuksesan anda. Sama halnya dengan pohon bambu cina tersebut.
Jika anda hanya mengharapkan sebuah hasil yang instan, apapun itu, nasib anda akan seperti pohon bambu yang tidak memiliki akar yang kuat. Sedikit goncangan saja, anda akan jatuh begitu kerasnya.

Jadi sekali lagi bersyukurlah dengan segala kemalangan dan kegagalan anda, anda akan memperoleh kekuatan karenanya.

Bagi anda yang ingin mensharingkan hal-hal sehubungan dengan kegagalan, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

166 comments

1 marurat { 06.13.09 at 4:58 pm }

karena kegagalan adalah cermin kesuksesan yang tertunda. dengan kegagalan kita akan lebih menghargai apa yang sudah kita kerjakan. coba kalau langsung sukses terus…..kita akan menjadi sombong dan tidak mau belajar karena menurut kita semuanya adalah gampang.
dengan kata lain mendingan duluan gagal baru sukses daripada sukses duluan kemudian gagal. sakit tau…………..

salam kenal

2 mashengky.com { 06.15.09 at 4:25 am }

aduh kalo bisa saya jauh2 dari kegagalan deh… soale ga enak pisan… hehehe.. kalo dah kepepet ya telan aja… yang penting kesempatan kedua ga boleh gagal lagi..

3 Ardy Pratama { 06.21.09 at 2:44 am }

bener banget, kegagalan bukan berarti akhr dari segalanya. Justru dari kgagalan kita bisa mraih ksuksesan.. Right? Lam kenal :)

4 joe { 12.14.09 at 12:04 pm }

Trimakasih banyak mas buat artikenya.buat saya skrg yg mengalami stres berat yang selalu sering menghadapi kegagalan.salam

5 Yogh4 { 12.17.09 at 2:16 pm }

wah..wah..wahh…
artikelnya bagus2 neh,,,,^_^

sangat bermanfaat bagi saya mas…
trima kasih ats informasi2nya,,,,

6 Hjime { 12.19.09 at 8:35 pm }

Makasih Banyak!
artikel ini berguna sekali buat saya. Hari ini hampir saya putus asa karena nilai raport saya sangat mengecewakan. Saya memutuskan bergerak ke google mencari kalimat2 motivasi. Blog ini bagus:))
Saya terkesan dengan perumpamaan “Bambu Cina” ^^d

Even Rome wasnt bulit in a day. seharusnya saya sadar dari dulu kalau gagal itu proses menuju keberhasilan, walau mungkin relatif lama.

7 forest { 01.31.10 at 12:47 pm }

yah…, kita belajar dari kegagalan. saya juga mengalaminya. mental yg akan ditempa utk menjadi ;lebih kuat, apa lagi menghadapi orang2 sekitar yg men-judge kita merasa dipermalukan. semuat itu dikembalikan ke personal masing2, berbesar hatikah dia?

8 Jos { 02.25.10 at 1:22 am }

KEGAGALAN WAJIB BUAT YANG MAU SUKSES

Terima kasih tulisan tentang KEGAGALAN ,bagus dan berbobot.
Saya seorang pengusaha dengan 48 karyawan ( usaha baru 4 tahun saya jalani) Sebelumnya saya mengalami KEGAGALAN yang sangat Sulit untuk dikatakan ….. kegagalan didalam bisnis…dan harga kegagalan tsb SANGAT MAHAL .
Usaha Minimarket saya sebanyak 22 cabang yg bertumbuh dalam 2 tahun …. hancur berantakan akibat BOM BALI 2. Hingga akhirnya saya harus dirawat oleh seorang Physikiater selama 6 Bulan. Namun hal ini juga menjadi PELAJARAN yg sangat BERHARGA yang tidak akan saya ulangi lagi.
GAGAL ……SUNGGUH GAK ENAK ! Namun dibalik Kegagalan saya , ada HAL YG LUAR BIASA saya alami ,
- saya bisa lebih sabar
- saya lebih kuat dari sebelumnya ,jika kegagalan datang lagi.
- saya lebih menghargai semua potensi diri dan potensi orang lain.
- saya melihat hidup ini lebih berarti dan bukan sekedar hidup.
- cara berpikir dan car kerja saya berubah lebih baik.
dan masih banyak hal positip yg tidak dapat saya tuliskan,hikmah dari KEGAGALAN yg telah saya alami.

terima kasih artikelnya .

9 Ipratiwi { 03.07.10 at 5:00 pm }

Asalam mua’laikum…

Ya kegagalan adalah suatu sukses yg tertunda, maka jangan jadi kan kegagalan suatu hambatan, tapi jadi kan untuk terus maju dan lebih baik lagi. Karena allah tidak melihat seberapa kali kita mengalami kegagalan tapi allah melihat seberapa besar kita bangkit dari kegagalan…

Terus semangat kalau kita niat pasti bisa.,

10 pita endah { 05.11.10 at 10:35 am }

yupz… aq smakin bertambah dimotivasi lewat blog anda… saya juga punya beberapa motivasi : ” seringnya gagal berarti jatah gagal anda juga berkurang… maka bersiaplah untuk sukses” kalimat ini sedang saya ingin buktikan. . . pahitnya hidup ini seperti yang aku rasain saat ini yang lagi gagal ujian nasional. lalu saya tetap berusaha untuk bangkit dan menyusun strategi menghadapi ujian ulang. pokoknya don’t be down!!!!!! oiya silahkan perluas silaturahmi anda dg adding my fb: usa_mio_uno@yahoo.com

AYO BANGKIT!!!! SALAM SUKSES WAT SEMUA!!!! PERCAYALAH ADA YANG MENGATUR SEMUA INI. DAN RODA KEHIDUPAN ITU SELALU BERPUTAR.. THANK’S 4 ALL….

11 yunita { 06.10.10 at 9:16 am }

Mungkin sebagian orang merasa bahwa saat mereka gagal mereka tidak akan punya harapan lagi sehingga menjadi putus asa,tetapi ada juga yang merasa biasa-biasa saja saat mengalami kegagalan,dan merasa pasrah terhadap nasib yang di alaminya.Sebenarnya jika kita dapat melihat segi positif dari kegagalan itu,kita akan mendapatkan suatu pengalaman dan manfaat yang sangat berharga.Kegagalan merupakan awal dari keberhasilan.

12 tuty { 08.24.10 at 2:40 pm }

hmmm…ckp menenangkan…semoga kta smua bisa mengambil pelajaran dari kegagalan yg pernah kita alami.

13 sop { 08.25.10 at 11:16 pm }

Sy trmasuk org yg selalu gagal dan inti dari kegagalan saya itu adalah krn saya pemalu, banyak potensi yg saya miliki, tapi rasa malu menghalangi saya untuk bertindak, untuk kawan d,maya semua, adakah solusi untuk seorang pemalu dan lemah mental spt saya. trimakash. sopyudin35@yahoo.com

14 zulfikar { 08.27.10 at 1:12 am }

thank’s, saya merasa ada beban yang terbebaskan setelah membaca artikel-artikel nya mas

15 Sunu Pastadi { 09.10.10 at 2:11 pm }

wah ketemu url ini saya jadi semangat lagi
saya contoh orang gagal, 2 kali memulai usaha baru setelah resign dr pekerjaan, 2 kali gagal total, sedih
tapi yakin pengalaman gagal membentuk kita menjadi lebih “smart”, lebih “dewasa” dll.

thanks brother.

16 Yos Fatah { 09.14.10 at 11:28 pm }

Masya Allah, sungguh website ini sangat menggugah hati saya yang sedang dirundung kegagalan. Kalau boleh bercerita saya gagal untuk mengikuti sebuah lomba tingkat SMA internasional yang sangat bergengsi, meski saya tidak perlu memberitahu apa nama lombannya. Pagi tadi ketika bapak saya memberitahukan bahwa saya tidak lolos seleksi, sungguh rasanya perasaan bagai dipukul keras oleh palu godam. Saya pikir sayalah yang akan terpilih karena saya memang sangat di elu-elukan untuk berangkat oleh para selektor dan teman-tean saya. Namun Allah berkata lain. Memang terasa sangat sedih, hingga saya tak kuasa menahan kesedihan. Saya pergi ke toilet dan menangis sejadi-jadinya. Saya pun mencari artikel sebagai penyejuk hati, dan secara tidak disangka saya sampai pada page ini. Dan sangat tersentuh dengan tulisan ini, karena banyak dari hal-hal diatas yang sering saya lakukan seperti mencari-cari kesalahan sendiri dll. Dan alhamdulillah saya sekarang lebih termotivasi untuk mencobanya kembali di tahun depan, semoga tahun depan nasib saya lebih baik. Sungguh semoga Allah memberikan pahala berlipat kepada anda penulis artikel ini. Salam dari timur tengah. Wassalamualaikum

17 precigieous { 09.16.10 at 1:07 pm }

terimakasih untuk inspirasi & motivasinya. sedikit dari saya : Saya gagal dan putus asa karena saya belum pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Ketika saya mencoba membangun kepercayaan diri untuk bangkit saya gagal lagi, saya mencoba hal lain, ternyata gagal juga. Ditambah lagi tekanan dari lingkungan yang mengharuskan saya tampil bagus, saya menjadi tidak percaya diri lagi lantaran terbebani. Saya sempat berputus asa untuk waktu yang cukup lama, hingga saat ini saya membaca motivasinya yang sungguh luar biasa, kata-kata memang mengandung sejuta makna yang mempengaruhi perasaan emosional seseorang, kini saya akan berjuang kembali menata kehidupan saya.

18 Lina { 11.03.10 at 11:34 am }

Salam kenal,
Selama hidup saya, banyak sekali saya merasa salah mengmbil keputusan dan merasa gagal.
Padahal sudah banyak orang yang memotivasi saya, tapi kenapa saya tidak bisa merubah pikiran saya untuk bisa lebih berfikir positif dan bisa dengan iklas menghadapi semua. Gimana ya caranya biar hidup saya lebih merasa bahagia dan tenang?

makasih.

19 Joebadri { 11.05.10 at 9:33 am }

Nah ini dia ketemu nasihat baik thaks mas, kegagalan demi kegagalan yang saya alami dalam usaha sampai membuat diri saya takut untuk melangkah selanjutnya , memang betul pengalaman itu berharga tapi sekarang malah justru lebih berhati-hati dan banyak fikir nah ini yang sama alami. Bagaimana ada nasehat baik buat Saya untuk kedepan agar tumbuh kembali keberanian Saya untuk Usaha.

20 dilianti { 12.16.10 at 11:06 pm }

a nice article.. ketika saya membaca ini, entah mengapa saya terharu hingga meneteskan air mata.. pas banget kali’ yaa apa yang penulis paparkan dengan apa yang sedang saya alami saat ini.. Terima kasih pencerahannya..

21 Wawan { 01.06.11 at 8:36 pm }

Ada cerita seseorang yang berusaha mencari definisi nada,ia bertanya kepada seorang pencipta lagu terkenal. Pencipta itu berkata,”Nada ya…Apakah kamu pernah memiliki satu nada yang sangat kamu kenal di telinga kamu sejak kamu kecil.” Orang itu menjawab,”Saya tidak pernah memilikinya.” Pencipta itu berkata kepadanya,”Jika kamu pernah memilikinya, maka kamu tidak lagi perlu definisinya, sebaliknya jika kamu tidak pernah memilikinya, definisi apapun tidak akan mampu memberikan penjelasan yang tepat kepadamu.”
Begitu juga dengan kegagalan. Orang yang pernah mengalami kegagalan terutama yang paling pahit dalam hidupnya pasti akan mengerti tidak mudah keluar dari siklus kegagalan. Kenapa..? karena arah seseorang sesudah ia melewati proses kegagalan, pasti mengarah kedua titik, yaitu sebagai victim (korban) atau sebagai victor (pemenang) dalam kegagalan. Faktanya sedikit sekali orang yang dapat mengambil pelajaran dari kegagalan dan selanjutnya keluar sebagai pemenang (Victor)tetapi banyak sekali orang yang butuh waktu bertahun-tahun untuk keluar bahkan tidak pernah keluar dari proses kegagalan itu. Saran terbaik saya ketika anda menemukan diri anda dalam proses ini adalah temukan seorang teman, sahabat atau siapapun yang dapat membantu anda keluar dari proses ini. Kenyataannya ketika seseorang berada dalam kegagalan, lebih banyak kebingungan, kekesalan, patah semangat daripada pelajarannya.
“Wish The Best For You”

22 Nirmala { 02.04.11 at 6:39 pm }

Mkasi pak,buat motivasinya..ini sngat membantu sy utk ttp bangkit dr kgagalan..sy seorang mahasiswi dr salah satu univ. di indonesia..ipk prtama sy anjlok,sy sdih karena belum bisa memberikan yang terbaik untuk orang tua sy..tp sy kini lebih mengerti,kegagalan bukanlah akhir dr sgalanya,tp merupakan jalan untuk menuju kesuksesan yang lebih besar.terima kasih buat motivasinya..

23 andi firman { 02.04.11 at 7:51 pm }

hari ini tgl 02/02/2011 , aku gagal jadi bintara polri, tepatnya pada tes akademik, aku sangat frustasi, tapi stelah bca artikel ini aq jd smangat lagi, makasih ya blognya. . .

24 vatrea husada { 03.28.11 at 4:56 pm }

sampai hari ini mungkin hanya saya yg mengalami kegagalan dalam hal yg sama,cara yg sama,& keadaan yg sama…jujur saya adalah orang mengekspresikan hal,cara,& keadaan yg sama tpi dng pikiran yg berbeda…pertanyaan saya,bgmn caranya untuk membuat manuver sukses dng keadaan yg seperti ini?thanks,,
salam sukses…

25 santi { 05.11.11 at 11:05 am }

saat ini saya msh berada di dalam lingkaran menanggungkan sebuah kegagalan, terus berputar disana seakan sulit untuk keluar. semakin saya coba tuk keluar semakin kencang putaran lingkaran itu mengurung diri saya, seakan memaksa saya utk akhirnya tiba pada titik kepasrahan.

26 nilda { 06.06.11 at 10:14 am }

aslut,,benar2 salut..

27 sintya { 06.06.11 at 3:59 pm }

makacy tz artikel’a .. qu yg sering kali mengalami kegagalan .. sering menangis kni qu brani brdiri lagi .. berani berusaha .. makasih

28 indivara { 06.24.11 at 3:02 pm }

kegagalan merupakan pelajaran hidup terbaik.karena tanpa kegagalan tidak akan ada kesuksesan

29 Salim { 06.30.11 at 11:32 am }

Terima kasih atas artikel yang abang buat.mudah mudahan bisa membantu saya untuk berkembang menjadi lebih baik lagi….
salam kenal

30 Lasidi { 06.30.11 at 8:09 pm }

Kata pendiri honda,..1 keberhasilan adalah terdiri dari 99 persen kegagalan, makanya kita harus terus menerus bergerak, karena gegalan itu tidak ada, yang ada adalah kita berhenti berusaha.
kata orang bijak,…suatu keberhasilan tidak ada yang instan,…harus berusaha dan terus berusaha,..tiada kata menyerah,…

31 febriyan { 07.15.11 at 3:15 pm }

jujur, saya merasa terpukul atas k gagalan ini, hanya karna mengharapkan orank lain bisa bantu saya. . . .
putus asa, kekecewaan yang mendalam q rasakan. . . .
hiks..hiks..

32 okto fianiy { 08.18.11 at 9:06 am }

mengapa kegaaglan selalu ada pada ku,, ku coba untuk memberani kan duri untuk menemukan sebuah arti kesuksesan tapi maengapa kegagalan yang selalu ada pada ku

33 Yoze Safaran Dawzon { 08.27.11 at 10:24 am }

Kegagalan membuat saya semakin bereksperi dengan segala kemungkinan yang tuhan anugerahkan dalam hidup ini,ketika saya mengalami kegagalan maka dengan sendirinya saya mulai menuliskan banyak sekali kata-kata yang mungkin orang lain tidak mengetahui makna apa yang bisa dipetik dari setiap kegagalan dan hal-hal apa saja yang menjadikan kita lebih bijak serta lebih dewasa setelah adanya kegagalan itu..

Ketika semua tulisan saya sampai dengan hari ini seriang sekali ditolak,saya tidak pernah merasa gagal dan tidak pernah takut untuk mencoba,karena didalam hati saya tuhan berkata ” kamu pasti mendobrak semua tirani itu “

34 poetra { 09.27.11 at 10:10 am }

artikel sangat menginspirasi saya yg lg down. tengkiu gaan . . ,

35 cesylia { 10.08.11 at 12:21 pm }

trimakasih,,,

36 Noe { 11.14.11 at 7:18 pm }

Kegagalan sangat akrab dengan hidupku. Sering aku merasa kenapa aku tak seberuntung orang lain. Hmm… Hatiku lelah, tapi mau tdk mau aku harus bangkit. Tulisan ini memberikan tambahan semangat tuk hatiku. Semoga saja dibalik kegagalan yg aku alami ada kesuksesan menunggu ku. Thks.

37 Firdauus { 11.24.11 at 1:04 am }

terima kasih atas penulisan artikel/informasi ini, semoga bermamfaat bagi kita semua,,, sukses milik semua orang, jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, salam….

38 rina pujianingrum { 01.13.12 at 8:54 pm }

Kegagalan itu sangat Menyakitkan…saya suka status bpk ..trima kasih

39 aries { 01.19.12 at 5:00 pm }

saya sedang magang di suatu perusahaan, di hari ke tiga saya bekerja saya melakukan suatu kesalahan fatal. saya salah mengirim dokumen rahasia perusahaan via fax. alhasil para karyawan di departemen tempa saya magang kelabakan. saya pun kena semprot atasan. saya merasa kegagalan ini luar biasa menyakitkan, bagaimana saya harus menyikapinya ? saya masih harus menghabiskan 2 bulan magang saya di perusahaan tersebut, sedangkan karyawan di sana memandang saya dengan tatapan sinis dan menggunjingkan saya. apa yang harus saya lakukan…..

40 koriaty { 01.24.12 at 7:42 pm }

terima kasih atas tulisan anda, pada saya telah banyak menemui kegagalan dlm hidup saya, tetapi saya tidak pernah berputus asa, tetapi baru-baru ini saya telah gagal melayakkan diri untik menduduki ujian , saya rasa terlalu sedih dan tidak tahu bagaimana nak mengatasinya. saya byk menyalahkan diri saya dan mengurung diri kerana terlalu sedih.

41 Irza { 02.05.12 at 8:49 pm }

Kegagalan saya yang terjadi berulang-ulang dan bertahun-tahun :
1. Gagal mendapat prestasi dalam kuliah, malah nilai saya semakin anjlok. Padahal saya sudah belajar mati-matian, tiada hari tanpa belajar. Bahkan saya merangkum seluruh buku materi kuliah yang saya punyai, memahami dan menghafalkan sampai di luar kepala, tapi hasil yang ditunggu-tunggu malah anjlok, nilaiku turun, lebih turun dari biasanya, padahal saya merasa bisa mengerjakan. Tapi saya tetap maju.
2. Kegagalan yang disebabkan kecurangan/ketidakpedulian orang lain. Setiap kali ada kesempatan yang cocok buat saya, kesempatan itu diberikan atasan saya kepada rekan kerja yang lain. Saya sudah minta kesempatan, tapi atasan saya seakan mencemooh saya dan sebaik apapun yang saya lakukan, dia tidak pernah perduli, seakan saya sama sekali tidak mampu. Saya pikir dia memang tidak menyukai saya. Hasilnya, sekarang malah jabatan pekerjaan saya menjadi lebih rendah. Sakit dan pahit rasanya jika mengingat hal ini. Tapi saya tetap maju, walau ‘hancur’.
3. Kegagalan yang terjadi akibat paksaan, lebih tepat disebut ‘kesialan’. Entah kenapa setiap kali saya mendapat kesempatan untuk sukses dalam dunia saya (begitu semangat saya menjalaninya), tiba-tiba istri saya tidak setuju dan menggagalkan saya. Kalau saya maju terus, saya kehilangan keluarga saya, karena dia orangnya tegas dan kaku. Jika dia tidak setuju, ya saya harus mengikuti keputusannya. Sulit sekali masalah ini terpecahkan selama bertahun-tahun.
4. Masalah-masalah lain yang begitu banyak membuat saya gagal. Misalnya, saat ini saya tidak punya waktu luang untuk mengembangkan diri saya. Sedikit berkontemplasi saja sangat sulit, terlalu banyak urusan-urusan yang harus ditangani.

Saat ini saya hanya bisa ‘survive’ dalam hidup, hidup terasa datar, karena saya sudah lelah mencari kesempatan yang diakibatkan oleh hal-hal diatas. Semua selalu terjadi, bahkan saya hitung sudah bertahun-tahun lamanya.

Beri saya motivasi agar saya mampu ‘hidup’.

42 rufita { 02.07.12 at 2:21 am }

Terimakasih sekali penulis bersedia meluangkan waktunya untuk menulis artikel yang sangat bagus bagi orang2 yang tengah dilamda keputus asaan dan kegalauan. Artikel ini bagi saya seperti oase yang saat ini tengah mengalami kegagalam berturut turut. Hampir setiap malam saya tidak bisa tidur memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi esok, apakah saya akan gagal lagi. Tapi, ketika saya membaca artikel ini saya menjadi lebih bersemangat dan bersyukur telah mengalami kegagalan. Saya merasakan bahwa kegagalan tidak mengenakan sama sekali sehingga saya harus “mem-push” diri saya, menggali potensi diri saya untuk menjadi pribadi yg lebih baik kedepannya.
Berkat penulisan ini saya memiliki semangat juang dalam menghadapi kegagalan dan tetap optimis meraih kesuksesan dari serangkaian kegagalan. Keep writing!

43 Bro Regar { 02.11.12 at 8:50 am }

sangat bagus artikelnya,,
saya baca, dan menambah semangat,
* akan menysul orang-orang sukses, Insya Allah
_____________
lam kenal masS

44 Abdurahman { 02.14.12 at 10:13 pm }

Saya merasa terobati dengan membaca artikel ini.
karena saya sudah tiga kali mengalami kegagalan dibidang usaha,
sampai-sampai kegagalan terakhir ini hingga gagal hubunga rumah tangga,
semua ini dampak dari hancurnya usaha saya.
kadang saya merasa prustrasi dengan kegagalan ini, tapi setelah membaca semua artikel ini saya merasa terobati dan muncul gairah semangat kembali.
terimakasih kepada penulis artikel.
semoga dengan kegagalanku akan menjadikan contoh buat aku supaya lebih hati-hati.

45 syahril { 03.09.12 at 8:01 pm }

sangat benar artikel diatas,dalam suatu kegagalan sangat banyak pelajaran yang dapat diambil,seperti perumpamaan di atas tentang bambu cina,seperti halnya manusia bukan berarti manusia tersebut tidak pernah berkembang tetapi dari setiap kegagalan demi kegagalan itu ada sebuah kekuatan yang mengasah otak dan pikiran kita agar kita dapat berkembang maju,dan pada akhirnya bila manusia itu sudah memiliki mental yang kuat ia akan siap dengan sgala yang jauh lebih besar dari yang pernah ia hadapi.

46 noname { 04.04.12 at 12:16 am }

Like this article,
It so motivate me for get up from hopelessness.

47 gunawan { 04.04.12 at 10:58 pm }

betul sekali orang yang pernah mengalami kegagalan, terus pabila suatu saat nanti ia sukses, ia akan selalu ingat disaat dulu ia pernah gagal betapa sulitnya waktu itu, terus melihat kondisinya yang saat ini sukses maka ia akan bersyukur dengan ketulusan hatinya. dan mungkin akan beda kondisinya jika seseorang yang langsung sukses tanpa mengalami kegagalan sblumnya, maka mungkin disaat suksesnya ia akan merasa sombong, lupa dengan lainya dan merasa paling benar dan paling segalanya. trimakasih artikel ini membuat saya jadi lebih bersemangat dan tidak putus asa…..

48 arfi { 04.25.12 at 2:03 pm }

hy,, aku pendatang br,
berdasarkan artikel di atas persis kegagalan yang saya alami trus meneru,,
mas?? saya slalu gagal dalam perkuliahan saya,, selama 4 skrg ini msh gagl, skrg sy smester 8, terkadang saya merasa ada kesialan dalam diri in.
nilai saya hancur dari awal sampai skrg in hanya 2,4. padahal saya sangat bercita2 untuk menjadi orang yang berhsil. trasa putus asa.
bingung aku mas, gag tau lg mau gmn,,
apakah sy perlu mnyalahkan dosen yang mengajar??
atau saya ini memang orang ny bodoh,,,
lw bisa kasi saya motivasi mas,..
wassalam

49 smaulana { 05.27.12 at 10:02 am }

waduhhhhh
bgusss skali tu arahan nya
mkc ya atas arahannya
aku hampir dah putus asa intinya qt hruzz maju pantang mundur untuk meraih masa depan yg crah
kesuksesan awal dari kegagalan
aku tidak yakin orang sukses gk pernah gagal
pazti sedikit banyak mengalami kegagalan
sekali lagi mkc y ?????
bz menmbh potensi aku nhe jd yg lebih baekkkk
assalamualaikum

50 nur { 06.01.12 at 5:41 am }

dengan berbagai kegagalan yang kita alami maka kita akan semakin dewasa dan bijak menyikapi berbagai permasahan yang menerpa kita,dgn membaca artikel diatas semakin ada inspirasi untuk bangkit dari keterpurukan,thanks so much.

51 merivachamary { 06.01.12 at 1:05 pm }

saya ingin sedikit bercerita: tampaknya saya memang mengalami kegagalan untuk mempertahankan diri di tempat kerja yang telah saya lamar 3th yang lalu,namun dalam perjalanannya masalah demi masalah hingga pelik selalu menekan dan memberikan efek buruk pada perubahan psikologis saya.saya jadi sering marah dan mudah pusing srta gangguan kesehatan lainnya.setelah saya pikirkan lagi dan merenungi lebih dalam tampaknya saya harus berani mengambil langkah untuk resign kali ini.karena saya punya tekad dan motivasi yang sangat tinggi untuk berani mengambil langkah yang konsekuensinya mungkin berat beberapa saat.dan lebih merdeka dalam jangka panjang. walaupun saya harus berjuang dari bawah lagi.trimakasih telah memberi motivasi baru dan menguatkan

52 Andre Galauuu { 06.03.12 at 2:25 am }

semoga artikel ini dpt memotivasi pembacanya… trmasuk sy yg gagal meraih peringkat 5 besar UN 2012 … ini baru sekali saya alami selama saya sekolah… hmmm inilah hidup … kadang ada diatas kadang dibawah… tapi pastilah Allah telah melakukan yang terbaik untuk kita

53 Ricky { 06.04.12 at 4:56 pm }

So Motivating..!! Mau Sukses!! Jangan Pernah takut Gagal…

54 boy { 06.05.12 at 10:59 am }

assalamu alaikum
saya boy indrianto nugroho
sekolah smp

aku bingung apakah kegagalan itu takdir??,tpi mengapa aku merasa kegagalan itu hukuman,tapi bila hukuman aku salah apa??,terus aku berfikir,berfiir dan berfikir,dan akhirnya aku putus asa dengan apa yg aku lakukan,padahal aku sudah berusaha keras sudah maksimal usahaku bahkan,aku suadah melebihi batas kemampuanku tapi tetap hasilnya jelek kenapa??
setelah saya menemukan artikel ini saya mulai berfikir positif allah punya rencana lain pasti itu!!
amin!!!
wassalam mualaikum waroh matullohi wa barokathu

55 dyahayu { 06.20.12 at 7:46 am }

SD SMP SMA aku selalu gagal buat ngebanggain ortu dg nilai bagus .. Selalu aja nilai akhir 7 , test masuk perguruan tinggi pun selalu gagal padahal udah nyoba 4 kali. Aku ngerasa jd orang yg bener bener gak berguna karena selalu gagal terus. Memang selama ini aku selalu nurut sama ortu, tapi setelah test psikologi terbukti aku gak cocok dg bidang yg di inginkan ortu, tp ortu bilang ‘bagian pisau yg tumpul kalau diasah terus bisa jadi tajam’ aku jadi galau. Selama ini yg terlihat adalah orang sukses karena melakukan bidang tsb dg suka cita .. Nah aku? Aku tertekan oleh lingkungan keluarga. Dan aku ngerasa aku belum keluar dari siklus kegagalan. Aku bingung harus gimana …

56 dedy { 06.25.12 at 7:34 am }

Saya saat ini sedang mengalami kegagalan,tapi setelah saya gagal , kenapa hinaan dan sindiran semakin banyak,?? Saya seperti seorang pecundang,,

57 muhammad fariz fasha { 06.26.12 at 7:40 pm }

terima kasih artikelnya ya…

sangat bermanfaat

58 zuhrotul { 07.07.12 at 9:40 am }

alhamdulillah saya telah membaca artikel ini.,
semua.a terasa kau benar2 telah mngatur semua.a.,
dan aku percaya aku bisa belajar dari sebuah kgagalan yang selama ni saya alami.,dan saya akan jadikan kgagalan itu smua sebagai obat bagi saya.,walau kgagalan sangat pahit tpi kan selalu memberiku motivasi tuk terus dan teruz maju.,aku yaqin aku bisa menjadi lebih baik lagi,amiinn

59 endoe { 07.24.12 at 12:19 am }

Ini mungkin Kegagalan TerBuruk saya Sepanjang Hidup saya…
Di Khianati Kekasih BerBulan2,yg Akhirnya Ketahuan dr Pengakuan tmennya jg Dirinya… Mungkin krn Harapan yg terlalu Besar,jd kegagalan ini yg membuat saya trpuruk…
disisi lain Keluarga pun Acuh Dgn Kondisi saya,.. mereka tak perduli apa yg saya rasakan bgitu menyakitkan,di tambah tempat pekerjaan pun ikut terpuruk/di ambang kebangkrutan…
lengkap sudah masalah ini… tak satu pun support yang saya dapatkan,sendiri merasakan sakitnya hati ini… :
Gak smangat lagi melangkah,.. seperti jalan ini sudah Buntu oleh Kegagalan yg sering terjadi… sering sekali merasa Hidup Ini Gak Adil pada saya,disaat saya sdh berJuang Mati2an tp hanya kegagalan yg selalu Di dapatkan,,, maaf Tuhan,Bukan Aku menghilangkan MAHA keadilan MU,Ini hnya rasa keputus asaan ku akan situasi ini… Astagfirullah….
di saat teman2 dan Org2 sudah menikmati perjuangannya,walaupun tdk seberat perjuangan saya…
tapi saya msh saja terbelenggu dgn situasi ini…
Maafkan aku Tuhan…
Kuatkan aku Tuhan… tp,,,
kl Saya mang tak pantas lg di mata MU,Hentikanlah Hidupku Ini.

60 Ve { 07.26.12 at 2:51 pm }

Bagaimana kalau kita sudah berusaha keras sekeras2nya >.< tetapi tetap gagal?? TT Pdahal saat latihan2 kta sudah bisa menjawab semua soal dgan baik. Tetapi ketika menghadapi suatu ujian akhir, karena satu titik nila rusak sebelanga. Apakah itu tidak adil?? Dan ujian ini adalah kesempatan kedua atau mungkin terakhir…. Apa yg hrus dlakukan??? =( saya tidak sanggup menghadapinya. Kenapa kegagalan selalu menghinggapi saya?? Kenapa teman saya yang tidak bekerja keras dapat dengan mudah meraihnya?? Kenapa?? Rasanya saya sangat kecewa dengan diri saya sendiri.

61 agustin { 08.17.12 at 8:15 am }

Alhamdulillah, terimakasih bagus banget artikelnya. inilah yang memotivasi ku untuk pantang menyerah menghadapi suatu keadaan yang tidak aku inginkan. kalo memang kita tidak pernah gagal berarti kita tidak pernah belajar hal baru. aku yakin kegagalan adalah jalan untuk ku bisa melangkah ke depan menuju kesuksesan yang ku inginkan..so jangan takut akan kegagalan…..

62 desta { 08.17.12 at 10:33 pm }

bagus banget nih ,motivasi nya saya juga jadi lebih baik untuk meraih kesuksesan,,harus memulai dari pondasinya dlu.makasih

63 Anty Ali { 08.28.12 at 6:31 pm }

wahhh,..bagus bgt,…stddkx sy bisa mengmbil bnyk pelajarn dari tlisan anda, Trimakasihhhhhhh

64 Arya { 09.06.12 at 2:51 am }

Gagal? Bicara tentang gagal, hal ini pasti bukan hal baru.
Jujur, setiap kali kita gagal kita slalu menyalahkan diri, orang lain, dan bahkan Allah Yang Maha Esa. kita pasti akan mencaci diri sendiri tak terkecuali semua yg ada di dunia ini, kita merasa apa yg telah terjadi pada kita sangat tidak adil. Tapi apakah kita semakin baik atas tindakan” itu? Pasti jawabannya tidak, dengan mencaci semua yg ada di dunia ini kita semakin terpuruk, frustasi, dan kehilangan hasrat untuk hidup lagi. Jadi untuk apa kita merasa tidak di perlakukan tidak adil oleh yg maha kuasa? Semua itu hanya hanya bisikan” setan. Allah sayang pada kita, maka dari itu kita di beri kegagalan agar kita lebih kuat.
Dengan kita pernah gagal berarti kita akan semakin cerdas karena setiap kali kita gagal otak kita semakin mengacu untuk terus berpikir, berpikir dan terus-menerus berpikir untuk mencari solusi tentang bagaimana mana kita menyesaikan problem yg telah kita alami. Secara tidak langsung, kegagalan membuat kita semakin cerdas dalam pola pikir, hati” dalam bertindak, tabah atas semua cobaan, meningkatkan pontensi serta kreativitas, tidak sombong, dan lebih berpangalaman.

Satu hal dari saya…
Jangan pernah takut untuk gagal!!

65 diah { 09.06.12 at 11:51 am }

makasih mas atas motivasinya.. Smpei* menangis ,, terharu banget.

Saya pernah gagal dalam smt4 SMA , nilai anjlok cm hal sepele.. Awalnya putus ama pacar tersayang.. Jd belajarnya males*an.. Ahh bodoh amat..

Yg kedua .. Begitu begoknya aku.. G tau apa yg aku fikirkan saat itu..
APA AKU TERLALU BAIK? ATO TERLALU BODOH.
jawaban semester-an aku contekin ke temen. SEMUANYA

sebut saja namanya XX.
XX untung banget.. Udah dpt contekan dr aku.. Ia bs nyontek ke tmn yg lbh pinter..
So hasilnya nilai si XX jd naik.

Awalnya aku prngkt 3, eh skrng prngkat 5..

Sangat* frustasi. Bagaimana bisaa??? YaAllah bodohnya aku..
Dan ternyata si XX UNGGUL jauh didepanku.
Selisih rata*pun jauh.
Akhirnya beasiswa di cabut.
Skrng jd bngung. Denger* masuk Univ. Jlr undangan nilai g boleh turun.. :’(
tak tau deh entar.. Nunggu UN nya :’(
mohon do’anya..

66 Rak { 09.09.12 at 3:58 pm }

benar sekali kegagalan itu rasanya tidak nyaman, tapi kita menjadi mengerti bahwa hidup itu masih terus berjalan meskipun kita menghentikan langkah kita dan dunia tidak menanti kita untuk bergerak tapi terus melangkah jauh meninggalkan kita. Oleh karena itu, kita harus terus berusaha menjalani hidup ini dengan sebaik mungkin. untuk yang lalu biarlah berlalu, yang penting terus menuju ke masa depan yang cerah jangan biarkan masa lalu memeluk erat kita hingga kita pun terlena dalam kesedihan

67 no { 09.15.12 at 12:10 pm }

gagal….gagal…dan gagal itu yg selalu terjadi dlm hidup sy ntah mengapa, sy mrs tidak pernah punya ksempatan untuk bhgia, tp sy mrs sdkit lega stelah membaca falsafah pohon cina

68 Jessy { 09.21.12 at 9:38 am }

nasehat yang sangat luar biasa bijak. semoga nasehat ini bisa menjadi motivasi bagi para kaum yang sering mengalami kegagalan untuk bangkit kembali!!! Amin.

69 Jessy { 09.21.12 at 9:39 am }

nasehat yang sangat bagus untuk dibagikan.

70 toni { 09.22.12 at 10:17 am }

Sebelumnya terimakasih sudah sharing artikel yg luar biasa ne.
Saya sudah hampir ambruk dengan kegagalan demi kegagalan uyang menimpuk nafasku ni. Stlh membaca artikel bapak setidaknya ada
Ide pemikiran baru di dalam pikiranku.

71 nn { 09.23.12 at 9:11 pm }

seperti tak punya masa depan sakiiit harus menerima kegagalan ntah bagaimana lagi harus merintis

72 sri sugihartini { 09.23.12 at 9:33 pm }

rasa sakit itu menyerang sewaktu kuliah sampei aku lulus dengan ipk terendah rasanya hancur dan tak punya masa depan aku pun tak memiliki pekerjaan yang aku cita2kan. padahal aku selalu sekolah disekolah favorit prestasiku baik setelah sakit aku hancur> indeks prestasiku hanya 2,6 dimana aku menemukan masa depanku aku ingin sukses untuk masa depanku

73 Yuuki { 10.02.12 at 1:38 pm }

Terimakasih sekali buat siapapun orang yang membuat blog ini dan rela menuliskan kalimat-kalimat penggugah semangat seperti ini. Sungguh, terimakasih. Hari ini saya mengalami hari yang sungguh melelahkan, dimana saya mengira tidak akan mampu lagi berjalan maju. Kalau tidak membaca artikel ini, jalan pikiran saya mungkin akan tetap buntu dan (mungkin) saya akan bunuh diri. Tapi setelah membacanya, entah kenapa kabut tebal yang selama ini menggantung di benak dan hati saya terangkat dan menghilangkan ‘bagaimana kalau’ dan ‘aku tidak kuat lagi’ dari kepala ini. Sungguh, kini saya merasa sangat ringan dan pikiran ini tidak lagi tertutup oleh ketakutan dan keraguan. Sekali lagi, terimakasih.

74 iman { 10.08.12 at 2:50 am }

hebat bgt…

75 ferdi { 10.13.12 at 7:46 pm }

apakah kegagalan ada hubungan nya dengan keberuntungan ?

76 alexius rukmono { 10.15.12 at 9:12 am }

Memang tidak mudah bangkit dari kegagalan, tapi walaupun jatuh bangun kita harus bisa…ini pengalaman hidup kami

http://www.bangkitdarigagal.blogspot.com/2012/04/kami-ditipu-milyaran-bangkrut-usaha.html

77 Rival { 10.16.12 at 4:43 pm }

gagal itu belajar. di setiap kegagalan pasti ada makna yang bisa dipetik

78 euis sopiah { 10.21.12 at 2:57 am }

saya dkam menghadapi anak yg oaling besar selalu merasa telah gagal mendidik dan mengarahkan sehingga anak yang paling besar masih belum berusaha menjalani kuliah dng baik meskipun udah jalan 7 bulan saya merssa sebagai ibu yg gagal dan salah mengambil keputusan tuk anak saya<<a

79 imajiner { 10.22.12 at 4:38 pm }

bener banget ini tulisan . . .
Dan Kegagalan bagian dari proses pembelajaran, so, jangan larut dalam kesedihan cuma karena ”hasil tak sesuai harapan”. Apapun yang terjadi pasti ada hikmahnya…

Terima kasih, tulisan ini sungguh sangat membantuku untuk merenungi bagaimana menghadapi kegagalan..
Salam ukhuwah . . . .

80 KAFIL { 10.29.12 at 9:42 am }

SUBHANALLAH….terimakasih saudaraku,,berkat artiketlmu saya akan memulai lagi hidupku yang baru. 4 hari saya istirahat,,semoga hari ini bisa menjadi awal yang baru baut saya dari persiapan akarku..terimakasih

81 yudi { 10.31.12 at 7:45 pm }

sya juga lagi gatot nih mdh2an aja udh baca artikel ni sya bsa lbh semangat. thank’s yau

82 Juki { 11.07.12 at 6:07 pm }

Kalau menurut pendapat saya kesuksesan itu merupakan sebuah proses dan bukan tujuan. Pengalaman saya sendiri yang berkecimpung di dunia bisnis yang saya bangun susah payah selama bertahun-tahun hingga akhirnya setelah 12 tahun harus kolaps. Jadi yang namanya sukses sifatnya sementara sekali. Bisa jadi sekarang sukses tapi besok? Boleh jadi bisnis yang sukses itu akan ambruk esok. Semua bisa saya terjadi. Banyak faktor yang bisa menyebabkannya dan tidak semuanya bisa kita kendalikan. Yang terpenting adalah bangkit kembali dengan penuh semangat. Sukses adalah perbaikan yang terus menerus. Jadi kalau anda gagal, tak perlu cemas. Anda tidak sendirian. Yang paling penting segera bangkit dan buat rencana dan tindakan baru.

83 dani prasetya nugraha { 11.08.12 at 11:56 pm }

bagi saudara yang telah memposting ini,
saya ucapkan terimaksih yang sebesar”nya
artikel anda sedikit namun langsung dapat melepas mindset buruk saya selama ini
semoga anda dilipatkan ganda akan hal ini dan semoga saya bisa meneruskan ilmu yamg saya dapat barusan kepada teman” saya yang ingin menjadi orang sukses pula

84 fey { 11.15.12 at 7:33 pm }

sayah pernah mngalami bahkan sering mngalami kegagalan ,tp kegagalan yang dirasakan hy 1 yg paling saya tdak bsa hilang dri pikiran sayah yg sllu mnekan,ingat trus.bhkn serasa mnderita bla lg ingat…….1

Pertanyaan sayah?

kenapa yg pernah sayah alami dlm suatu kegagalan itu tdk bisa mbangkitkan diri/pokiran untk mnggali&berdiri kembali untuk mencobanya kembali???????????

85 Diki { 11.22.12 at 7:29 am }

kegagalan itu sangat berat untuk diterima….. tapi apa daya jika itu sudah terjadi……

86 gracia { 11.22.12 at 2:42 pm }

hari ini untuk ke sekian kalinya saya merasa hidup saya tidak berguna. Orang tua saya bercerai ketika saya masih sd. Namun,dulu saya merasa itu bkn masalah. Saya tumbuh jadi anak berprestasi dari sd hingga smp, walaupun teman2 saya orang kaya sdangkan saya tdk,tapi ada ssuatu yg menguatkan saya,stdknya saya lbh brprestasi dari mreka. Namun ktika masuk smakbo,saya harus brjuang keras dlm blajar,kegagalan demi kegagalan bnyak saya telan,walaupun sbnrny bisa dibilang prestasi sy lumayan,tapi di sini tdk ada yg menguatkan saya,saya merasa miskin dan tdk berprestasi.Stlh lulus saya memutuskan kerja smbl kuliah.tman2 saya yg mmliki prestasi di bwh saya bnyk yg mendpat gaji tinggi,sdngkan saya tdk. Untungny saya punya tmn sprjuangan,dia lbh pntar dri saya,ternyata saya ditinggal,skrg hanya tinggal saya sendiri.

87 inu { 11.25.12 at 12:53 am }

terimakasih banyak mas

88 gie { 11.27.12 at 2:24 pm }

Saya gaga
Ga dapet2 kerja huhu… pdhl pngin bgt cari pengalaman… buat kedepanya pngin usaha huhu

89 rahmat { 11.29.12 at 10:20 pm }

Trims bngt.sangat membantu mental saya
Yang sedang hancur menjalankan usaha ayam

90 HENDRA { 12.04.12 at 4:12 pm }

mas saya ini sering usaha toko baju tahun 2004 sampai 2006,tahun 2007 saya buka bengkel cuma umur 7bln bangrut modal habis, baru2 ini saya buka warung bakso sudah 6 bln tapi sepi dan saya merugi terus padahal sudah berbagai usaha saya lakukan tapi tetap gakbisa dongrak penjualan kenapa mas rasanya susah betul jalankan usaha saya,?????????????

91 amrank { 12.18.12 at 7:34 pm }

thank’s untuk artikel’y moga bermanfaat

92 Mizar Younghusband { 01.11.13 at 7:33 am }

Gagal berbisnis sejak 2001(usia SMP), smpai skrg msh brbisnis,… trxt perlahan itu yang mengubah diri ini :-)
Trmksh atas makna ini TUhan

93 Wolf { 01.12.13 at 8:34 pm }

saya memang seorang yang gagal pada dasarnya saya dianggap tidak mampu dalam menlakukan keberhasilan begitu besar tapi saya yakin dalam diri saya tersimpan jiwa pemipin yang mana pada nantinya akan terbukti kesemuah orang bahwa aku juga mampu melakukanya

94 Mas { 01.13.13 at 11:44 pm }

Resiko dari sebuah upaya adalah satu yaitu kegagalan.
Sedangkan Hasil atau keuntungan dari sebuah upaya baik gagal maupun berhasil ada dua. 1. Kesuksesan. 2. Pengalaman yang tak ternilai harganya.
Tapi jangan terlena dengan kegagalan. Karena kegagalan tersebut mempunyai cabang-cabang yang penuh dengan duri. Dari cabang cabang tersebut ujungnya adalah seperti balok kayu yang runcing yang siap menikam kita dengan “kematian”. Mati untuk berusaha, mati untuk sebuah harapan yang tak kunjung datang, mati untuk memulai sebuah upaya karena setiap duri yang pernah menusuk dapat melemahkan kita dari waktu kewaktu. Maka disaat itu hanya ada satu senjata yang harus kita jaga dan gunakan yaitu “keyakinan akan kebesaran dan kasih sayang sang Pencipta ” – keimanan. Dengan iman tersebut sebenarnya adalah satu-satunya yang bisa membuat kita pulih. Bukanlah harapan akan kesuksesan, bukan juga ketakutan akan kegagalan, melainkan kecemasan akan lepasnya keimanan, karena mereka yang ber-PUTUS ASA bukanlah dari golongan orang-orang yang beriman. Dan sukses atau tidaknya manusia didunia, kembalinya adalah satu, alam yang selama ini telah kita yakini dengan susah payah yaitu hari pembalasan dan akhirat yang kekal.

95 akbar { 01.16.13 at 1:10 am }

Wah terharu sekali saya membacanya, dan alhamdulillah terobati dengan membacanya . Mungkin semua orang pernah mengalami kegagalan dan kegagalan adalah jalan menuju keseksesan . Saya menjadi semangat menjalani hidup . Mari kita meraih mimpi

96 Coretan hidup { 01.21.13 at 2:41 pm }

Setiap apa sja yg sya perjuangkan
sya kejar ahir”nya pasti gagal
pada hal sya sudah berusah keras lo tuk menggapi nya
sya mencoba hal baru atw lama
ahir”nya gagal jugk gan
kenapa ia?

97 olan { 01.29.13 at 7:47 am }

salam kenal
saya seringkali merasa gagal dan kegagalan-kegagalan tu semangkin saya terpukuk ,. dan takut untuk berbuat sesuatu karna saya takut untuk untuk gagal

98 putri { 02.05.13 at 10:12 am }

saya hampir berputus asa karena perjuangan hidup terasa sia-sia,,,
saya memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja dulu, dan saya memilih untuk mencari pekerjaan baru, karena pekerjaan yang lama membuat saya tertekan dengan keadaan lingkungan dan membuat strees pikiran saya, nah,,, setelah itu sayapun memutusan untuk mencari pekerjaan yang saya inginkan,,, dan tidak membuat saya tertekan dengan keadaan,,, tetapi saya merasa saya tidak PD san tidak layak kalo saya mendapatkan pekerjaan itu,, karena kekurangan yang saya miliki rendah,,

saya mau minta saran apa yang harus saya lakukan sekarang,,?? saya binguuung sekaliii

99 Chandra Mahadevmal { 02.09.13 at 9:22 pm }

Mohon ijin untuk copy artikel ini ke blog pribadi saya.
Thanks

100 james hetfield { 02.21.13 at 2:37 pm }

terimakasih, sungguh sangat menginspirasi. saya telah didera kegagalan yang begitu banyak hingga saya lupa apa saja kegagalan tsb.

Ya Allah, kuatkanlah diriku. Jangan biarkan hamba lemah dan menyerah.

Bismillah!

101 arrrgh { 02.21.13 at 2:55 pm }

terimakasih dengan ini saya akan gagal terus menerus, sex is very happy.

saya senang, saya sesat.

102 hendri str { 04.20.13 at 4:29 am }

aku ngerasa gagal untuk temenan lagi sama teman ku (lebih tepatny adik kls) . dulu pernah jadi teman akrab , tapi karena suatu hal , kami jadi saling jauh”an dan gak mau bicara satu sama lain.
aku udah sempat berusaha menyapa dia , dan ngajak dia ngobrol tapi cuma akrab di hari itu aja.
aku galau banget , karena sesudah ujian kls 9 ini mungkin sulit banget buat ketemu dia lagi.
aku harus gimana ya? nge lupain dia atau gimana.. -_____-

103 Indrastea { 05.10.13 at 1:45 am }

Terimakasih atas artikel Positif ini ,
semoga dapat bermanfaat seterusnya

104 turmudi { 05.20.13 at 1:50 pm }

Suka banget aertikelnya,
saya baca artikel ini setahun yang lalu, dan hari ini saya baca lagi, berasa ga pernah gagal deh..

Thanks a lot….

105 Ika { 05.21.13 at 3:06 pm }

Betul sekali & saya amat sangat setuju bahwa tak ada akhir setelah kegagalan !!!

106 eLz { 05.27.13 at 10:05 pm }

thank u so much. sangat menginspirasi saya yg sedang menerima kegagalan. .

107 Nuzul { 05.28.13 at 10:37 am }

terimakasih . artikel ini cukup menguatkan hati saya
saya sedang frustasi karena nilai UN saya tidak mencapai nilai yg saya inginkan . terlebih teman2 dekat saya jauh lebih bagus nilainya dari saya. saya merasa tidak berbeda persiapannya dengan mereka . tetapi saya yg paling rendah diantara mereka semua . saya merasa gagal saat ini .
saya butuh orang yg bisa menguatkan saya saat ini .
dan artikel ini cukup menguatkan saya .
thanks

108 satria { 05.30.13 at 9:33 am }

saya ngerasa gagal setelah nilai ujian jatuh, tapi saya bakal coba lagi

109 Eggy16 { 06.05.13 at 11:15 pm }

Trimakasih,sgt menginspirasikan saya yg telah jatuh gagal.saya telah berusaha bertahun2 tetapi gagal,tetapi stlh 1 tahun aktivitas saya terhenti,saya akan berusaha kembali.insya allah akan ada jalan slalu amiin.GBU all

110 wina { 06.06.13 at 11:38 pm }

trimakasihh , artikel in membuat saya kuat kembali , dlm mnghadapi kegagalan

111 kanstho { 06.14.13 at 9:10 am }

saat ini saya sedang mengalami kegagalan yg membuat saya down dan ragu utk melangkah kedepan, percaya diri saya hampir hilang, terimakasih artikelnya, insya Allah di jalan lain saya akan berhasil.

112 putri duyung { 06.14.13 at 2:40 pm }

Hahahaha terharu, sedihh, bahagia,, rasa gado2 ini telah bercampur jadi satu,, artikel diatas benar2 memberi inspirasi dan hasil sharing2 pun tak kalah menggugah hati sanubari ini,, banyak ketakutan dalam diri ku,, terutama penyakit rendah diri yg kunjung tak hilang,, waktu sma ku berusaha keras belajar karena ku tau iq ku rendah makany ku berusaha, berharap aku akan mendapatkan jalur undangan namun aq gagal,, aku frustasi dan tak mau kuliah,, hanya satu kata aku menderita sekali waktu itu tapi aku berusaha berjuang,, aku berjuang lagi, belajar lagi siang malam di bimbingan belajar,, namun sekali lagi aku gagal aku tetap tidak dapat jurusan yg ku sukai,, walaupun pada akhirny aku kuliah di perguruan tinggi negeri namun jurusan itu bener2 dipandang sebelah mata,, walaupun bgtu aku tak menyerah aku yakin semua kan indah pada waktuny skrg aku telah lulus kuliah dengan ipk yg cukup tinggi,, aku bangga pada diri ku dan perjuangan ku belum selesai aku akan kerja sambil kuliah lagi , s2 menanti ku,, impian dan cita2 masih menanti disana,,, bismillah

113 Ria Simanjuntak { 06.14.13 at 9:27 pm }

Terimakasih telah membangkitkan semangat orang banyak !
Usaha Anda berbuah manis.
Tetaplah menjadi media motivator orang banyak.
TUHAN MEMBERKATI MU ! : )
SALAM DAMAI

114 titi doroty { 06.19.13 at 6:58 am }

saya jg trmasuk org yg gagal,buka usaha krna ingin mandiri tp gagal dri kedua2′y usha itu,sempat terpuruk tp setelah bca artikel ini sangat membatu dan membangkitkan lg semangat saya.

115 kasdut { 06.20.13 at 12:58 am }

sy suka artikel2nya krna dpt memotivasi bnyk org, perlu d ketahui kegagalan bnyak versi sebab musab yg trjadi, gagal dlm kehidupan karir, keluarga, asmara, pendidikan, pribadi dsb itu belum bs d katakan gagal karena sifatnya masih temporer, tp jika yg tjadi dari keseluruhan kehdpan itu baru bs d kategorikan gagal t pun msh sbtas wajar d kehidupan dunia, yg lbih bs d katakan gagal adalh sudah jatuh tertimpa tangga itu tdk smua org mgalami karena jk mgalami sugguh org itu nasibnya tdk beruntung kecuali sudah takdir ilahi, kta hnya bs berserah dr kpd tuhan yme, kbnyakan org gagal karena jauh dg tuhanya, mk b’sykrlah jk saudaraku mgalami kegagalan t brarti msh d syg tuhanya supaya ingat sllu d saat di beri kesenangan apa lg kesusahan, sdrlah gagal yg kta alami karena apa dn kenapa, bnyk2lah ber$odaqoh, ikhlas dn be$yukur ats apa yg kita peroleh hr ini dst.

116 ri { 06.20.13 at 1:50 am }

kegagalan & kesedihan kesensaraan adalah kesuksesan?
saya dari lahir selalu mengalami hidup pahit, mungkin sampai saya tiada hidup ini akan selalu pahit

117 salut { 06.25.13 at 7:23 am }

salut

118 nanang setiawan { 06.26.13 at 7:58 pm }

ARTIKEL YANG SANGAT MEMBANTU
UNTUK MEMBERI SUNTIKAN ENERGI DI SAAT KITA GAGAL

119 opiq { 06.28.13 at 10:51 pm }

bener…bener…kemaren usaha saya bangkrut-krut, ditipu sana sini akhirnya gulung tikar. Ada pencerahan dan kesadaran setelah baca artikel diatas. Masih ada 1001 cara untuk saya bangkit lagi walau itu berat…..semangattt

120 sugik { 06.29.13 at 11:30 am }

Cakep nih,cocok banget ama kondisi sekarang,
Pasti udah pernsah gagal juga nih?

121 sugik { 06.29.13 at 11:44 am }

Kelo kegagalan gue sih bukan karena nggak berhasil di bisnisnya,tapi pengelolaan uangnya,terjabak dalam dunia senang

122 indra { 07.01.13 at 7:19 am }

saya telah gagal di kesempatan 1, 2, 3, 4 dst. . .
saya mau tanya, menurut anda apakah ada orang yang memang dilahirkan untuk terus gagal dalam hidupnya?

123 ebok { 07.03.13 at 10:30 pm }

Makasih atas motivasinya keren ^_^

124 Chely Dowson { 07.08.13 at 12:48 pm }

Saya sedang dirundung sedih sebab saya gagal untuk kesekian kali dalam hidup, kemudian saya mencari di Google “kenapa saya selalu gagal” hasil pertama yang muncul adalah website ini kemudian saya membaca artikel ini, semua tulisan dalam artikel ini seperti menjawab kesedihan, kekalutan saya. Saya tidak boleh menyalahkan diri saya, saya tidak boleh menyalahkan siapa pun, saya tidak boleh menyalahkan Tuhan. Kegagalan pertama saya ketika saya masuk SMP, saya sedih, kecewa, dan marah, namun berkat kegagalan itu saya belajar apa arti kegagalan. Kegagalan saya yang kedua saat saya masuk SMA, saya sangat terpukul dan saya merasa bahwa saat itu adalah titik terendah dalam hidup saya, namun saya belajar untuk mencapai hasil harus ada proses, untuk itu kita harus berusaha. Kegagalan saya yang ketiga saat saya tidak berhasil lolos PSB di sebuah Politeknik dan SNMPTN untuk Universitas negeri, padahal saya telah belajar, berusaha, dan berdo’a dengan keras, saya termasuk salah satu siswi teratas di SMA, namun saya dikalahkan oleh teman-teman saya yang nilai-nilainya jauh di bawah saya, namun saya belajar dari kegagalan tersebut bahwa saya tidak boleh meremehkan orang lain di bawah saya, saya harus lebih menghargai orang lain. Kegagalan saya yang keempat saat saya tidak lolos seleksi PMDK di sebuah Sekolah Tinggi karena kecerobohan saya, namun saya belajar saya harus berhati-hati dan tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan. Setelah dipikir-pikir saya tidak pernah mengalami kegagalan, hanya pengalaman berharga

125 putri { 07.30.13 at 5:53 pm }

Artikel yang bagus, pak. Saya ingin sharing sekaligus curcol disini. Sebenarnya bukan saya yang mengalami kegagalan, tapi orang yang saya cintai. Sementara saya sendiri selalu mulus, jarang sekali gagal, lebih sering beruntung malah. Sementara ia, selalu saja dirundung kegagalan pada studinya secara beruntun. Sampai kondisi menjadi sangat genting dimana bila gagal melewatinya ia bisa di drop out, padahal ia sudah melewati masa studi selama 7 tahun, tapi.jusyru di detik-detik yerakhir ini, keberuntungan tidak jua berpihak kepadanya. Saya selalu berusah mendukungnya, selalu membantu bila oa membutuhkan, tetapi.masih saja keberhasilan tak berpihak kepadanya.
Memang ia cenderung temperamen, seringkali setiap saya mencoba memberi masukan, ia tak mau menerima. Ia punya prinsip sendiri, ia tidak mau menjadi orang lain. Namun buktinya, usahanya tidak berbuah juga.
kira-kira apa yang bisa saya lakukan untuk membangkitkan kepercayaan dirinya kembali, untuk membuatnya bisa melangkah lagi. Dia tidak bodoh, dia justru memiliki kepintaran di atas rata-rata, namun kondisi selalu membuatnya tidak beruntung :’(.
Terima kasih sebelumnya, dan mohon maaf jika saya curhatnya kepanjangan.

126 rian { 08.21.13 at 12:34 am }

maaf boleh mnta saran klu misalnya gagal dalam ipk berturut” pdhal sya udah usaha dan niat dlam prkuliahan sy.
sy sllu berdoa dan belajar agar ipk sy naik, ttpi tetap aja sprti biasa. shingga buat sya stress dan hampir sya mnyerah. apa yang harus sya lakukan? mohon bantuannya teman”

kita semua pasti ingin mnjadi anak yang baik dan membahagiakan orang tua.

Salam Kenal

127 sain { 08.24.13 at 10:06 pm }

tau gak,kalau sekarang ini saya sedang galau luar biasa melihat keadaan diri saya ini yang begitu menyedihkan
rasanya hidup ini begitu berat
semua jalan rasanya mentok
saya merasa adakah orang yang sebegitu menyedihkannya seperti saya
selama ini saya selalu memendam rasa marah saya
aaaaaaaaa………..a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.
“jangan memendam kekesalan atau kemarahan anda”
“Anda dapat mengetahui kedahsyatan potensi yang anda miliki hanya dengan keberanian menghadapi masalah, tidak ada jalan lain”‘
itu sedikit pencerahan untuk saya
terima kasih.

128 Phadank { 08.25.13 at 9:25 pm }

thanks banget buat blog anda, sangat membangkitkan motivasi..

semoga saya, anda, dan kita semua akan lebih untuk kedepannya

129 jaswaWp { 08.26.13 at 10:30 pm }

thanks buat Artikel yg sangat memberi motivasi dan semangat untuk terus bangkit dari setiap kegagalan.
tak terhitung kegagalan yg kualami,,
harus tetap teguh dgn berusaha dan kerja keras,agar Tuhan bisa melihat sekuat apa perjuangan hidup kita.
dan semua itu pasti ada harganya.
aku berjanji akan mengoptimalkan kemampuan dan tidak menyia2kan kesempatan disaat aku berhasil nanti.
“kegagalan harus membayar mahal Kesuksesanku yg tertunda sekian lama ini “.

130 joe { 09.12.13 at 9:39 pm }

saat ini saya sedang mengalami krisis percaya akan diri saya sendiri tentang kemampuan saya ataupun tentang akan jadi apa saya ini . namun setelah saya cerna tulisan ini saya baru sadar ini bukan akhir dari semuanya ini adalah awal untuk membangun kembali semua yang telah hancur agar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi
terima kasih

131 ian { 10.07.13 at 7:55 am }

gua gagal bukan gua menyerah gua buktikan gua bisa lebih bagus dr sebelumnya

132 Liperdi sitorus { 10.08.13 at 2:38 am }

Oke bangat..

133 fiat { 10.09.13 at 8:46 am }

terima kasih atas artikelnya. Sy yg slama ini lgi merintis di kota m. Dah 2 thun blm bisa berkembang usahaku. Sampe detik ini aku masih untuk mencoba bertahan untuk lebih maju. Memang hinaan dan cemooh bahkan istri dan keluarganya menghinaku. Aku tetap bertahan di kota m dari pada aku pulang di kota T pasti bnyak hinaan. Biasanya setiap kali aku buka usaha 6 bulan sukses namun di kota m aku walaupun lum berhasil aku merasa tenang dan nyaman. Sy mohon solosi baru tk lebih majju apa dan bgimana agar lebih sukses.

134 edy { 10.31.13 at 1:23 pm }

utk Fiat,
saran saya tetap semangat dan terus berjuang. jangan dengarkan kata kata orang lain yg bersifat negatif karena itu bisa merusak mindset /pola pikir anda utk berkembang.
apabila ingin dg saya bis sharing di email saya edisetiyawan_1987@yahoo.com

135 aoron honestyo { 11.14.13 at 11:53 am }

assalamualaikum saya saat ini sedang duduk di kelas X aksel SMAN 1 Padang. saya baru saja menerima hasil ujian semester, hasilnya membuat saya putus asa, padalah saya sudah berusaha semaksimal mungkin untk menjadi yang terbaik..saya mohon slusinya untk masalh ini!!!

136 teguh { 12.05.13 at 7:51 am }

bener banget

137 j729c { 12.12.13 at 1:08 am }

sy menitikan air mata membaca tulisan anda. Jika benar tuhan sebaik itu merencanakannya. Ak adalah kegagalan yg tak pernah mau menyerah.

138 ARY-ABIOSO { 12.17.13 at 2:44 am }

nilai sebuah kesuksesan sebenarnya adalah KEMAMPUAN KITA UNTUK BANGKIT SETELAH KITA GAGAL !!! jangan pernah menyerah jika kita gagal, berusahalah untuk bangkit karena dibalik kegagalan itu ada kesuksesan yg luar biasa, BRAVO !!! artikelnya bagus banget sob !!!!

139 aqida { 12.20.13 at 9:44 am }

Terima kasih utk org yg menulis website ini, jujur saya sering mendpt nilai yg tinggi disekolah. Tapi belakangan ini saya mengalami kegagalan saat diSma, yap nilai turun drastis.
Saya merasa bodoh sekali saya ini, biasa dpt nilai tinggi tp skrg anjlok, drastis bgt. Saya sedih dan sempet drop tp setelah bc artikel ini saya menjadi lebih tenang dan semangat lg utk memperbaiki kegagalan saya.

140 Ariv { 12.28.13 at 7:42 pm }

Terima kasih atas tulisan anda, ini sangat memotivasi saya dlm hal kegagalan. Nice thread. (y)

141 Astri { 12.30.13 at 9:42 pm }

Wah bgus bgt artikely.trimakasih atas motivasiy.membantu bgt aku jd ngrasa hdup lg setelah mengalmi kegagalan karna ksalahan yg sm.trnyata bnyk dluaran sana yg mengalami kegagaln tdk hanya aku.tp mereka bisa bgkt.pasti ada jalan bwt aku…

142 Heno yatri { 01.02.14 at 1:38 am }

Super sekali artikelnya bang…
Kita satu pemikiran… Mantap..!!!

143 Beni P { 01.03.14 at 11:09 am }

Ya beberapa waktu yang lalu saya mengalami kegagalan yang membuat mental saya sempat Drop, tp semua itu telah terjadi dan tidak dapat di ulang. Sekarang yang terpenting adalah bagai mana kita membuat suatu kegagalan itu manjadi motivasi yang luarbiasa, bahwa masih ada jalan kesuksesan lain yang masih menunggu kita di depan sana.
Terima Kasih.

144 Djames { 01.04.14 at 11:24 pm }

Trimakasih,,kpd penulis. Semoga sy termasuk seperti pohon bambu china ke vakumanku sdh hampir 2thn ini mgkin guna menguatkan dan mempersiapkan akar2ku..dr lulus SMA alhamdulilah lancar2 saja tp 2thn terakhir serasa dunia sy berakhir..Insya’allah kedepan jauh lebih baik dlm sgala hal, amin ya robal alamin.

145 Umi Septiani { 01.07.14 at 10:04 am }

alhamdulillah ternyata dibalik kegagalan banyak hikmahnya

146 paramita { 01.08.14 at 11:30 am }

ah artikelnya keren banget !
baru aja beberapa hari yang lalu saya mengalami kegagalan di kuliah saya, awalnya memang sedih sih.. tapi harus bangkit lagi! mengakui kesalahan diri sendiri dan bisa memperbaikinya, itu hal yg utama yg harus dilakukan sehabis mengalami kegagalan
thks banget buat penulisnya! tetap sharing hal2 yang berguna dan menambah semangat ya!

147 Edwin { 01.15.14 at 11:03 am }

Terima kasih atas petunjuk saudara…
Itu memberikan tamparan yang begitu keras dlm dada.

148 siti fitriah { 01.16.14 at 9:45 am }

aku sempat putus asa dengan nilai yang ku dapatkan setiap semester,padahal aku sudah belajar sebisaku. sempat putus asa,,, tapi bismillahh,, memang benar ini adalah waktu kita untuk di tempa untuk menjadi orang yang hebat. Allohu Akbar!

149 Ika Yoel { 01.17.14 at 5:21 am }

Trims, 3 hari anda fokus menulis artikel pasti tidak mudah, namun lihat hasilnya dari comment2 di atas, tulisan anda mantap jadinya

150 mawaddah { 01.18.14 at 10:44 pm }

trimakasih atas artikel yang anda buat, semuanya sangat membantu saya untuk bangkit lagi dari kegagalan saya saat ini. Ikhtiar saya tidak akan berhenti disini karena cita-cita saya belum tercapai….

151 kurniawan { 01.21.14 at 9:40 pm }

selama ini sy adalah orang yang angkuh yang merasa sumuanya sy bisa…akan tetapi saat kegagalan itu menempa sy rasa kecewa ,kesal itu muncul dan saat ini sy menyadari bahwa apa yang telah saya baca dlam artikel ini telah membuka hati saya untuk tetap bersabar dan berusaha trimakasih untuk yang membuat artikel ini luar biasa sy menghargai jeripayah temen yg membuat artikel dan arikel ini akan sya ingat sampai suatu saat nanti saya sukses…amin

152 Hj.Putri Al IKHLAS { 01.27.14 at 1:14 pm }

Kegagalan adalah sebuah Ladang ILMU dan Pembelajaran Hidup Nyata. Dimana dg adanya kegagan kita menjadi sosok yg lebih kuat dan lebih semangat dalam menghadapi setiap ringtangan yg ada. Insya Allohjika kita terus Doa,Ikhtiar dan Tawakal Pasti Kesuksesan akan menjadi Milik kita.Aamiin

153 nino { 01.28.14 at 8:25 pm }

saya gagal sekolah diharvard, saya gagal lunasi hutang, saya gagal lulus disemester tujuh. ya saya termasuk orang yang sering gagal tapi setidaknya saya berhasil di satu bidang. saya lulus distance learning

154 tika { 02.04.14 at 1:05 pm }

assalamualaikum, aq tika
nilai ujian aq rendah
sedih…
gmna ya cara ngasih tw ke ortu???

155 sofi { 02.06.14 at 9:52 am }

Hy..
nama saya sofi
Saya putus asa melihat nilai us yg saya dapat
nilai saya hancur semua
Saya saat sedih sekali…menangis tidak tahan melihat nilai saya dapat..apa saya bodoh?tolong ya mas buat motivasinya untuk saya

156 raks { 02.12.14 at 8:22 pm }

makasih banget atas motivasinya, jd lebih tenang dan bisa lebih ikhlas dalam menghadapi kegagalan. semoga kegagalan yang saya hadapi bisa membuat saya semakin kuat dan lebih maju kedepannya o:)

157 uluwan maurits thuba { 02.13.14 at 4:18 pm }

Terimakasih,artikel ini sngat membantu
By: mahasiswa sekolah tinggi akuntansi negara jakarta(STAN)

158 Rohmadiyanto { 02.18.14 at 3:53 pm }

assalamualaikum warohmatullahu wabarokatuh.
saya adalah mahasiswa baru yang mendapatkan ip 2,xx. saya merasa dunia ini kejam pokoknya hancur semua impian saya dan saya makin ragu untuk melangkah ke depan. saya ragu apakah di semester depan saya bisa lebih baik lagi, atau malah saya makin buruk karna keterpurukan ini.
Mohon sulusinya

159 wilhelm renyaan { 02.23.14 at 11:08 am }

artikel ini pas dengan apa yang sy alami sekrang. terima kasih buat artikelnya memberikan motivasi yang kuat bagi sy

160 jeri { 02.23.14 at 8:22 pm }

terimakasih
karena dengan membaca artikel ini beban saya sedikit berkurang…
terimakasihhhhh…………………………………..

161 yenny { 02.27.14 at 12:54 pm }

Memang menghadapi kegagalan menyakitkan…thanks untuk artikel ini yang membuat saya termotivasi untuk tidak takut menekuni usaha lagi meski belum menghasilkan….

162 ulfa ulinnuha { 03.02.14 at 1:09 pm }

baguuuus banget artikelnya….
terima kasih banyak…
Kegagalan memang sangat-sanget menyebalkan.. Seharusnya kita menerima… tapi suliiiit banget.. Apa yang harus saya lakukan??

163 chandra { 03.10.14 at 5:34 am }

Ya betul sekali kegagalan adalah modal utama untuk melangkah ke jenjang yang lebih baik.jgn patah semangat saya mengalami hal itu ketika terkena resign dr sebuah perusahaan 10th saya berbakti di perusahaan tsb awalnya saya bingung dengan hutang yang begitu besar saya juatru harus memulai usaha dari minus dengan modal kegagagalan tidak surut berhenti saya berdoa kepada tuhan dan pertolongan itu ajaib dr tuhan nyata secara bertahap suami saya dipercaya menjual motor bekas oleh temannya dengan menyimpan display ditempat kami yang ke dua saya dipercaya oleh rekan dan sales dgn membuka toko dan bengkel sparepart kendaraan bermotor dgn berbekal pengalaman di tempat pekerjaan kami sebelumnua.toko kami kecil tidak sebesar perisahaan kami duli tetapi ada banyak nilai berharga yang terkandung didalamnya kegigihan.semangat pantang menyerah dan kesetiakawanan.lain halnya jika ketika saya d phk tidak berani membuka usaha mungkin hidup kami terbengkalai sebab saya dan suami saya di phk tidak mendapatkan uang tunjangan sepeserpun sekarang karyawan kami sudah 4 orang dan sedikit demi sedikit kami mulai bertumbuh tak putis semangat kami terus berusaha.yakinlah bahwa kegagalan bukan akhir segalanya tetati adalah modal terbesar untuk lebih bersemangat lagi.sukses…….e

164 Novi { 03.26.14 at 3:50 pm }

Artikel ini menginspirasi, terimakasih.

165 Einstein { 03.29.14 at 2:14 pm }

Ini blogspot kok keren keren bangett yahh :D Memang benar, Tidak ada Orang Sukses yang tidak mengalami kegagalan terlebih dahulu its implossible, Saat kita mengalami kegagalan kita pasti memulai berpikir untuk bagaimana kita bisa menjadi Sukses.. Jadi Kegagalan bukanlah bagian penutup dari Kesuksesan but sebaliknya Kegagalan adalah Pintu awal dari Kesuksesan.. :)

166 Hertz Wijaya { 03.30.14 at 8:36 pm }

Kegagalan adalah cerminan anak tangga tempat kita memijak menuju Kesuksesan..

Leave a Comment