Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Mengapa Kita Jatuh Cinta?

jatuh cinta

“Lebih baik untuk memiliki cinta dan kehilangan daripada tidak pernah memiliki cinta sama sekali.” – Groucho Marx

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tema yang sedikit berbeda dibandingkan dengan artikel-artikel kami sebelumnya. Tema kali ini mengenai jatuh cinta. Rasanya tema yang cukup menyenangkan bagi sebagian besar orang, karena setiap orang pasti mengalaminya dengan caranya masing-masing.

Jatuh cinta adalah sebuah pengalaman ajaib yang terjadi antara dua insan manusia. Penggunaan istilah “jatuh” menyiratkan bahwa proses ini dalam berbagai cara adalah tak terelakkan, tak terkendali, berisiko, tak dapat diubah, dan menempatkan dua insan tersebut dalam keadaan kerentanan; sama seperti istilah “jatuh” dalam kata “jatuh sakit” atau “jatuh dalam perangkap”. Istilah ini umumnya digunakan untuk menggambarkan suatu hal (cinta) yang kuat.

Jadi, mengapa orang-orang mengalami perasaan jatuh cinta? Profesor Arthur Aron dari State University of New York di Stonybrook telah menjelajahi dinamika apa yang terjadi ketika dua orang sedang jatuh cinta. Berikut adalah petikan wawancaranya:

Tanya (T): Apa yang memotivasi orang untuk mencari cinta?

Jawab (J): motivasi utama kita sebagai manusia adalah untuk memperluas diri dan meningkatkan kemampuan dan keefektifan kita. Salah satu cara kita mencapai hal itu adalah melalui hubungan kita dengan orang lain. Kami telah mempelajari dalam penelitian kami bahwa penting untuk merasakan bahwa anda memiliki kemampuan untuk menjadi orang yang efektif, terutama dalam hubungan kita.

T: Bagaimana teori ekspansi diri ini menjelaskan proses jatuh cinta?

J: Biasanya, kita jatuh cinta dengan seseorang yang kita rasakan menarik dan cocok bagi kita, selain itu juga pada seseorang yang menunjukkan bahwa mereka tertarik kepada kita. Hal ini kemudian menciptakan peluang untuk kita dalam melakukan ekspansi diri. Fakta bahwa mereka tertarik kepada kita akan menawarkan sebuah kesempatan yang penting – ketika kita melihat ini, kita merasakan gelombang kegembiraan!

T: Apakah hal tersebut selalu bekerja dengan cara seperti ini?

J: Tidak, suatu pengecualian yang menarik untuk kasus ini adalah jika kita merasa buruk tentang diri kita sendiri. Proses ini tidak akan terjadi jika kita tidak mempercayai bahwa orang lain melihat diri kita menarik. Kita cenderung untuk kehilangan kesempatan untuk jatuh cinta jika kita tidak memiliki perasan baik tentang diri kita sendiri.

T: Apa kondisi yang terbaik untuk bertemu dengan seseorang dan jatuh cinta?

J: Ketika anda bertemu seseorang dalam kondisi yang sangat menegangkan – seperti demonstrasi politik, turbulensi di pesawat, pertunjukkan yang memicu adrenalin – saat-saat ketika tubuh mulai bergoncang dan bergairah, kita cenderung mengalami daya tarik pada tingkat tinggi. Efek ini telah didokumentasikan namun penjelasan untuk itu sangatlah kontroversial.

T: Kapan kita merasa jatuh cinta?

J: Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang pikirkan, statistik menunjukkan bahwa kebanyakan orang jatuh cinta dengan seseorang yang telah mereka kenal sebelumnya. Orang-orang yang merasakan jatuh cinta secara cepat, dengan seseorang yang baru mereka kenal, hanya berkisar 30-40%. Tentu saja, hal ini bervariasi antara budaya yang satu dengan budaya yang lain. Jatuh cinta terjadi secara berbeda diantara budaya-budaya tersebut.

T: Bagaimana faktor penampilan kita ke berhubungan dengan perasaan jatuh cinta?

J: Ini menarik, kami telah menemukan bahwa jika anda sangat tidak menarik, hal tersebut dapat banyak menyakiti anda dalam membentuk hubungan yang romantis. Namun, menjadi menarik pun  tidak membantu banyak.

T: Bagaimana anda menjelaskan hal itu?

J: Kami telah menemukan bahwa dua karakteristik, yaitu kebaikan dan kecerdasan, sangat penting dalam proses jatuh cinta. Dan daya tarik tidak terhubung ke hal-hal ini. Kedua atribut ini adalah sesuatu hal dimana orang belajar tentang seseorang yang lain untuk mengenal mereka dari waktu ke waktu. Intelijen adalah penting dalam semua aspek kehidupan, terutama dalam cinta. Tapi kebaikan adalah indikator terkuat untuk hubungan jangka panjang yang sukses.

Bagaimana Caranya Untuk Jatuh Cinta?

1. Bertemu banyak orang.

Kunci pertama agar anda dapat jatuh cinta adalah menemukan seseorang. Orang yang anda cintai kemungkinan besar telah dan sedang menjadi teman terbaik anda atau seseorang yang anda kenal sebelumnya. Berusaha keras untuk tidak  “jatuh cinta pada pandangan pertama” – itu romantis, tetapi tidak cukup cerdas.

2. Berikan waktu.

Mari kita asumsikan anda sudah pergi ke pesta, acara-acara, perkumpulan, dll., dan teman-teman anda telah memperkenalkan anda kepada orang-orang yang mereka pikir anda akan tertarik. Jangan terburu-buru. Luangkan waktu anda untuk bersikap ramah dan terbuka pada semua orang yang anda temui. Bahkan jika anda mendapatkan kejadian yang tidak terduga, anda mungkin akan memerlukan waktu untuk mengembangkan ketertarikan pada seseorang, karena biasanya anda tidak terlalu tertarik hanya dari satu kali pertemuan. Membiarkan hal-hal berkembang untuk sementara waktu dapat membuat anda lebih terbuka pada orang yang berbeda. Dan ingat, lawan jenis anda mungkin akan  tertarik dengan keterbukaan anda.

3. “Baca” orang tersebut.

Oke, anggap saja anda tertarik. Apakah dia tertarik juga pada anda? Perhatikan sinyal, bahasa tubuh, tatapan matanya pada anda, dll. Mengamati tanda-tanda tersebut dapat memberitahu anda jika dia memiliki minat pada anda.

4. Mengambil risiko.

Ajaklah dia keluar. Jangan khawatir bahwa anda akan ditolak – dan jangan pernah membiarkan diri anda terintimidasi oleh kecantikannya yang amat sangat atau status sosial. Jika dia tampaknya tertarik pada anda, meskipun anda menganggap diri anda biasa-biasa saja dan dia luar biasa, ingatlah bahwa anda adalah orang yang berharga dengan banyak hal yang bisa anda tawarkan padanya. Tidaklah heran bahwa dia akan menemukan diri anda sebagai pribadi yang menarik, menyenangkan, dan atraktif! Setiap orang adalah unik dan begitu juga anda.

5. Bukalah diri anda untuk cinta.

Saat ini anda telah mulai untuk berkencan, dan anda telah menemukan minat bersama, biarkan diri anda untuk membuka diri lebih lanjut. Ceritakan mengenai perasaan anda, impian anda dan ketakutan anda. Biarkan cinta anda meresap, untuk menenangkan ketakutan anda, mendukung impian anda, dan percaya pada diri anda sendiri, karena anda percaya padanya. Menahan diri pada tahap ini hanya akan mengakibatkan banyak air mata dan hambatan yang mungkin tidak akan pernah terlewati – biarkan diri anda terbuka dan menjadi transparan. Ini adalah satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti apakah orang yang telah membuat anda jatuh cinta dapat dipercaya seutuhnya oleh hati anda. Biarkan dia tahu siapa anda sebenarnya.

6. Berikan dan terima sepenuh hati.

Membiarkan diri anda untuk menerima cinta sama pentingnya dengan memberikan. Sangat penting untuk menjadi percaya bahwa anda dicintai. Orang yang anda cintai telah banyak berinvestasi dalam menjadi ‘seseorang’ untuk menjawab doa-doa anda, untuk menyembuhkan sakit dalam diri anda, untuk membuat perbedaan besar dalam hidup anda. Menjadi percaya bahwa anda dicintai sangat penting bagi orang yang jatuh cinta pada anda, dan akhirnya, untuk hubungan anda berdua, karena hal itu menandakan bahwa anda percaya pada pasangan anda sepenuhnya.

7. Katakan pada pasangan anda bahwa anda sedang jatuh cinta.

Ungkapkan cinta dengan mengatakannya, tidak ada pilihan lain. Jangan hanya berasumsi bahwa dia mengetahuinya – katakanlah!. Katakan dengan luar biasa, bukan hanya “aku mencintaimu,” walaupun itu cukup bagus juga untuk dikatakan. Katakanlah, “Aku benar-benar mencintaimu.” Tidak ada makna yang salah di sana, dan itu penting untuk memperkuat perasaan anda berdua. Ini dapat membantu menyelesaikan kegelisahan dan ketakutan, serta memberikan anda berdua kepastian, dengan jelas menyatakan perasaan anda.

8. Pertahankan kehormatan cinta anda.

Jangan pernah membuat lelucon dengan apa yang sudah dia korbankan – banyak orang jatuh cinta, tapi kemudian menggunakan orang yang dicintai sebagai bahan lelucon. Jangan membuat lelucon tentang cinta anda, dan juga jangan biarkan orang lain melakukannya pada anda atau pasangan anda. Jangan langsung percaya hal-hal yang buruk tentang cinta anda – bahkan, jika anda mendengar sesuatu yang mengganggu pikiran anda, pertimbangkan semua kemungkinan – mungkin dia sedang mengalami hari yang buruk, mungkin orang yang mengatakan hal tersebut salah persepsi. Di atas segalanya, respon anda terhadap gosip atau tuduhan yang mengganggu tersebut seharusnya adalah seperti ini, “Itu tidak terdengar seperti dia sama sekali. Saya akan bicara dengan dia malam ini, tapi saya akan sangat menghargai jika anda tidak mengatakannya pada siapapun  sampai kita memiliki kesempatan untuk berbicara dan mengungkapkan masalahnya.” Jangan biarkan rumor menyebar tanpa setidaknya ekspresi keyakinan anda bahwa cinta anda tidak bersalah.

9. Jangan melakukan sesuatu hal yang membahayakan kepercayaan.

Maksudnya, pastikan bahwa perilaku anda tidak pernah menimbulkan rumor atau tuduhan. Jika anda sedang jatuh cinta, anda berdua harus menyetujui batas-batas hubungan anda, dan sekali mereka ditetapkan, anda tidak boleh melanggar batas-batas tersebut baik disengaja maupun tidak disengaja. Kepercayaan biasanya diberikan dengan mudah – karena anda berdua ingin saling mempercayai. Namun sekali kepercayaan  tersebut ternodai, pemulihan akan mengambil waktu yang sangat lama untuk kembali ke keadaan semula, tentu saja jika anda memiliki kesempatan tersebut.

10. Percaya pada cinta anda.

Jangan berharap bahwa anda tidak akan mengalami perdebatan atau pertengkaran. Karena anda jalan bersama-sama, konflik akan selalu muncul. Sangat penting untuk melalui proses tersebut. Namun perlu diingat bahwa yang anda hadapi adalah orang yang anda cintai, jadi selesaikan perbedaan anda secara cerdas. Jangan mengancam akan memutuskan hubungan atau pergi meninggalkan pasangan anda, dan jika anda diancam dengan cara seperti ini, tunggulah sampai suasana mereda baru anda berbicara kembali pada pasangan anda. Sadarilah juga fakta bahwa pasangan anda tidak berniat menyakiti anda dengan sengaja. Ingatkan pada diri anda sendiri dan pasangan anda bahwa anda berdua dapat melalui apapun jika bekerja bersama-sama, dan buang jauh-jauh keinginan untuk berpisah. Jangan lagi mengucapkan kata-kata putus hubungan dengan mudahnya, sebaliknya perlakukan satu sama lain dengan hormat dan mendiskusikan masalah seperti orang dewasa . Anda berdua harus dapat mempercayai cinta anda masing-masing dan berkomitmen penuh untuk menjaga cinta anda tetap hidup untuk menciptakan hubungan yang abadi.

11. Lakukan sesuatu setiap hari untuk membuat kehidupan cinta anda layak dijalani.

Dengan mengingatkan diri anda sendiri dan dirinya setiap hari bahwa bahwa cinta anda adalah nyata dan hidup, anda akan menjaga hubungan anda tetap bergairah dan sehat. Melakukan hal-hal kecil pada pasangan anda dapat membuat kesan yang sangat berarti. Cobalah membuat kopi untuknya, atau memperbaiki kemeja favoritnya yang rusak. Atau cobalah membawakan jus jeruk kesukaannya atau mencuci piring setelah ia makan malam. Tersenyum ketika ia pulang dari tempat kerjanya, memberikan pelukan manis dan menciumnya. Mengatakan “Aku mencintaimu, sayang,” ketika anda bersiap-siap untuk pergi – Semua ini mungkin tampak seperti hal kecil, namun memiliki dampak yang sangat besar seiring perjalanan waktu.

12. Rayakan!

Jatuh cinta termasuk peristiwa yang langka, indah, dan ajaib! Jadi jika anda telah menemukannya, bergembiralah! Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lain, hal itu benar, namun kebanyakan, anda dan pasangan anda akan menjadi inspirasi satu sama lain. Ingatlah bahwa tangan yang anda genggam saat ini adalah tangan yang akan membelai pipi anda di malam hari, menggandeng anak-anak anda di esok-esok hari, dan menuntun anda ketika tua kelak. Peganglah erat-erat dan jangan pernah melepaskannya.

13. Jatuh cinta untuk alasan yang tepat.

Hal ini penting untuk dipahami bahwa apa yang anda nilai pada pasangan anda memiliki dampak yang signifikan bagi hubungan anda. Penilaian yang kurang berkualitas seperti ketertarikan fisik / seksual dapat menyebabkan hubungan yang tidak bertahan oleh waktu. Penting untuk mencintai seseorang dari lubuk hatinya dan mengedepankan persahabatan dan kepedulian yang tulus. Pasangan yang bergabung bersama karena pertimbangan keuangan adalah contoh lain dari keputusan yang buruk, karena uang dalam suatu hubungan sering dapat menyebabkan masalah dalam stabilitas jangka panjang. Jatuh cinta terhadap seseorang apa adanya adalah kunci untuk hubungan jangka panjang yang sukses.

14. Jangan mencari cinta, biarkan ia menemukan anda.

Semakin kuat anda mendorong seseorang untuk mencintai anda semakin kecil kemungkinan ia akan benar-benar mencintai anda. Jika anda pergi mencari cinta maka anda akan menjadi rentan dan akan banyak keputusasaan. Berilah waktu, tidak perlu terlalu terburu-buru. Jika anda terburu-buru, justru pikiran anda akan memainkan trik pada hati anda: anda berpikir anda jatuh cinta tapi sebetulnya tidak, karena pikiran jatuh cinta hanya ada di pikiran anda bukan di hati anda. Anda akan lebih mungkin terluka dengan cara seperti itu dan kecil kemungkinan untuk menemukan orang yang tepat. Percayalah pada perasaan anda.

 

3 comments

1 Putra { 10.23.13 at 7:58 pm }

materi kuliah ane nih gan.., gue kurang ngerti masalah yang beginian. terima kasih infonya

2 sashd { 04.25.15 at 8:08 pm }

makasih ya infonya tapi kurang ngerti nih apa yang namanya cinta ?

3 Yezhy { 10.14.15 at 9:36 pm }

Memang jatuh cinta itu indah,bisa membuat hari kita lebih berarti dan mempunyai tujuan.

Leave a Comment

Loading...