Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Panduan Lengkap Cara Menghilangkan Jerawat

cara menghilangkan jerawat

Jerawat bukan saja masalah yang sering dialami oleh anak remaja, bahkan orang dewasa pun sering mendapatkannya. Banyak dari mereka yang menderita karena jerawat di beberapa titik pada wajahnya, baik itu pengaruh hormon maupun stres, karena jerawat secara umum menimbulkan masalah pada kepercayaan diri.

Jerawat tidak selalu berarti bahwa kulit anda kotor – pada kenyataannya, pembersihan yang berlebihan justru dapat mengiritasi kulit anda. Selain itu, hormon yang menyebabkan terjadinya jerawat bukannya tidak dapat dikendalikan. Ada perubahan sederhana yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat anda. Anda dapat memiliki kulit yang bebas jerawat, sehat dan bersinar kembali dalam waktu yang singkat.

Cara Menghilangkan Jerawat

Berikut adalah beberapa metode cara menghilangkan jerawat yang bisa anda terapkan secara mandiri.

Metode Pertama : Cara Menghilangkan Jerawat Melalui Perawatan di Rumah

1. Cuci wajah Anda dua kali sehari. Langkah pertama untuk mendapatkan kulit yang bersih adalah menciptakan sebuah rutinitas pembersihan dengan teratur. Cucilah wajah anda ketika anda bangun di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Meskipun anda lelah atau sibuk, meluangkan beberapa menit ekstra untuk membersihkan kulit akan mengurangi jerawat anda secara signifikan.

  • Cuci wajah anda minimal selama satu menit. Dibutuhkan waktu selama ini agar semua bakteri penyebab jerawat dapat dibunuh.
  • Jika anda memiliki jerawat di bagian lain dari tubuh anda seperti bahu, punggung, dan dada, maka daerah-daerah tersebut perlu mendapat perlakukan yang sama dengan membersihkannya sebanyak dua kali sehari juga.
  • Jika anda memakai make-up, jangan pernah pergi tidur tanpa mencuci bersih semuanya. Tidur dengan riasan adalah cara jitu untuk menyuburkan jerawat anda dan membuat jerawat anda lebih sulit untuk disingkirkan. Gunakan penghilang makeup bebas minyak sebelum mencuci dengan pembersih biasa untuk memastikan semua jejak telah dihapus.

2. Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide (benzoil peroksida). Anda dapat menggunakan benzoil peroksida baik dalam bentuk sabun maupun lotion di daerah yang rawan jerawat. Cara menghilangkan jerawat menggunakan produk ini berfungsi untuk membersihkan kulit mati dan membantu kulit anda untuk menumbuhkan sel-sel baru dengan lebih cepat. Carilah produk yang mengandung 3% atau kurang benzoil peroksida untuk menghindari iritasi kulit anda.

3. Cobalah produk yang mengandung salicylic acid (asam salisilat). Asam ini, mirip dengan benzoil peroksida, bekerja untuk mengelupaskan (menyingkirkan) sel-sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan kulit baru dengan lebih cepat. Akibatnya, anda mungkin mengalami kulit kering dan bersisik di sekitar jerawat anda, tetapi hal ini akan menghilang dari waktu ke waktu seiring kulit anda mulai beregenerasi. Gunakan produk ini sebagai pembersih atau perawatan harian anda untuk daerah-daerah yang terkena jerawat.

4. Gunakan pembersih yang mengandung belerang (sulfur). Meskipun kita tidak mengetahui persis mengapa belerang ampuh sebagai pembunuh jerawat, namun setidaknya kita mengetahui bahwa cara menghilangkan jerawat menggunakan zat ini sungguh bekerja. Carilah produk yang mengandung sulfur untuk membersihkan jerawat anda.

5. Gunakan retinoid. Pembersih retinoid mengandung kadar vitamin A yang sangat tinggi, yang membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan debu yang menyumbat. Anda dapat meminta resep untuk produk retinoid ini dari salah satu dokter anda.

6. Cari produk yang mengandung azelaic acid (asam azelaic). Asam azelaic merupakan antibakteri yang juga membantu untuk mengurangi kemerahan dan peradangan. Zat ini ditemukan secara alami dalam gandum dan barley. Jika jerawat anda cenderung meninggalkan bekas hitam pada kulit anda, cobalah produk yang menggunakan asam azelaic untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi bintik-bintik gelap yang menghasilkan jerawat.

7. Gunakan pengobatan spot. Pengobatan spot adalah produk khusus yang hanya anda gunakan untuk bintik-bintik jerawat anda daripada keseluruhan wajah anda. Belilah produk pengobatan spot di apotik setempat atau anda dapat membuatnya sendiri di rumah :

  • Buatlah pasta dari campuran baking soda dan air, setelah itu oleskan ke jerawat anda. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur dan bilas di pagi hari untuk membersihkan bakteri dan membuang kulit mati.
  • Tablet Aspirin dapat dicampur dengan air dan kemudian dioleskan pada jerawat anda untuk mengurangi kemerahan dan bengkak.
  • Dalam keadaan darurat, coba gunakan setetes pasta gigi pemutih untuk mengeringkan jerawat dan mengurangi kemerahan.

8. Gunakan masker wajah. Cara menghilangkan jerawat menggunakan metode masker cukup umum dilakukan. Masker wajah mengandung senyawa yang menenangkan kulit anda dan membunuh bakteri. Gunakan masker wajah 2-3 kali seminggu selama 15-20 menit untuk mengeringkan kulit dan membersihkan pori-pori anda. Belilah masker wajah dari toko kecantikan atau toko obat, atau anda dapat membuat sendiri di rumah :

  • Gunakan “topeng” minyak zaitun dioleskan pada wajah anda. Berikan kulit anda olesan tebal dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat, pastikan untuk menghapus semua jejak minyak.
  • Buat campuran mentimun dan oatmeal. Mentimun membantu mengurangi kemerahan dan melawan bintik-bintik gelap sementara oatmeal melembutkan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Padukan mereka bersama-sama dalam food processor sampai membentuk pasta, dan kemudian lapisi pada kulit anda selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  • Oleskan madu asli pada kulit anda, dan biarkan selama 30 menit. Setalah itu bilas dengan air hangat.
  • Coba gunakan putih telur untuk membersihkan dan menutup pori-pori yang besar. Pecahkan telur sebanyak 1 atau 2 butir, pisahkan kuningnya, kemudian kocok sebentar putih telur, setelah itu oleskan pada wajah anda. Anda akan merasa pori-pori anda mengetat seiring putih telur mulai mengering; biarkan sampai benar-benar kering. Bilas putih telur dengan air hangat.

9. Gunakan minyak esensial untuk jerawat aktif. Beberapa minyak esensial dianggap memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Teteskan sedikit pada setiap bintik jerawat, atau gunakan kapas sebagai media dan mengusapnya pada daerah yang bermasalah.

10. Eksfoliasi (kelupas) wajah anda. Cara menghilangkan jerawat berikut ini bekerja dengan mengelupaskan (menyingkirkan) sel-sel kulit mati yang memicu dan menyebabkan jerawat. Belilah produk eksfoliasi (scrubbing) ringan di apotek setempat atau buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan rumah tangga:

  • Buatlah pasta dari baking soda dan air (mirip dengan pengobatan spot) dan secara lembut gosok dalam gerakan melingkar di sekitar wajah anda. Hal ini akan membunuh bakteri dan mengangkat sel kulit mati secara bersamaan.
  • Jika anda memiliki kulit sensitif, pertimbangkan untuk menggunakan oatmeal sebagai pengelupas. Campur oatmeal dengan madu dan gosokkan ke wajah anda selama 2-3 menit, dan kemudian dengan lembut bilas menggunakan air hangat.
  • Untuk kulit sangat kering, gunakan bubuk kopi yang dicampur dengan pembersih wajah biasa. Bubuk kopi yang kasar akan memberikan pengelupasan yang lebih baik, sementara untuk kulit sensitif, gunakan bubuk kopi yang lembut.

11. Gunakan minyak telur. Minyak kuning telur mengandung imunoglobulin yang membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Asam lemak Omega-3 secara alami membantu menyembuhkan kista tanpa meninggalkan bekas luka.

  • Oleskan minyak telur pada areal jerawat dua kali sehari, pijat lembut selama 2-3 menit.
  • Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas menggunakan pencuci wajah ringan.
  • Lanjutkan penggunaan sampai jerawat benar-benar sembuh dan kulit yang sehat muncul kembali. Menghentikan penggunaan di pertengahan jalan dapat menyebabkan jerawat menyebar kembali.

12. Cobalah minyak pohon teh. Minyak pohon teh merupakan antibakteri yang dapat membantu membersihkan mikroba yang menyumbat kulit anda. Oleskan minyak pada kapas, dan kemudian dengan lembut sentuhkan kapas tersebut pada setiap jerawat. Cara menghilangkan jerawat berikut ini harus diterapkan secara hati-hati. Hindari menggunakan terlalu banyak minyak pohon teh – karena akan membakar kulit anda, dan hanya membuat kemerahan semakin memburuk.

13. Gunakan toner setelah pembersihan. Setelah anda selesai mencuci muka, eksfoliasi, atau memakai masker wajah, oleskan toner untuk keseluruhan wajah anda. Toner bekerja untuk mengencangkan pori-pori sehingga mengecilkan kemungkinan kotoran dan minyak terjebak di dalamnya. Belilah toner jerawat di apotek setempat, atau bisa juga menggunakan witch hazel atau cuka sari apel yang dioleskan menggunakan kapas. Jangan membilas toner setelah digunakan – biarkan untuk tinggal pada kulit anda sementara waktu.

14. Selalu oleskan pelembab. Kulit berminyak akan memproduksi jerawat, dan jika kulit anda sangat kering maka tubuh anda akan mengkompensasi dengan membuat minyak ekstra. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan pelembab yang lembut setelah anda mencuci muka setiap pagi dan sore. Oleskan pelembab setelah menggunakan toner.

Metode 2 : Cara Menghilangkan Jerawat Melalui Perawatan pada Ahli Kulit (Dermatologist) atau Spa

1. Lakukan facial. Cara menghilangkan jerawat berikut ini tersedia di hampir semua spa, dan melibatkan penggunaan beberapa pembersih, masker, dan alat ekstraksi yang berbeda untuk mengurangi jerawat di wajah anda. Jika anda tidak merasa nyaman dengan perawatan spa, kunjungi ahli kulit anda untuk lebih berorientasi pada hal medis.

2. Mendapatkan facial peel. Facial peel adalah gel yang mengandung asam khusus yang melarutkan sel-sel kulit mati dan bakteri. Melakukan ini secara teratur, dapat mengurangi jerawat dari waktu ke waktu.

3. Cobalah microdermabrasion. Ini adalah suatu cara menghilangkan jerawat dimana kulit anda “diampelas” untuk merangsang pertumbuhan kulit baru. Mendapatkan perawatan microdermabrasion seminggu sekali selama beberapa bulan adalah langkah yang paling efektif untuk diambil, karena setiap pengobatan hanya mempengaruhi lapisan terluar dari kulit.

4. Mendapatkan perawatan laser. Ya benar – gunakan laser untuk menyingkirkan jerawat anda. Banyak ahli kulit sekarang menawarkan pengobatan di mana mereka menggunakan laser untuk membunuh kelenjar penghasil minyak yang terlalu aktif di bawah kulit anda. Cara menghilangkan jerawat melalui proses ini bisa menyakitkan, tetapi telah terbukti mengurangi jerawat hingga 50%.

5. Cobalah perawatan cahaya. Tidak seperti perawatan laser yang menyakitkan, perawatan cahaya menggunakan pulsa cahaya ringan yang ditembakkan oleh alat khusus untuk membantu membunuh bakteri. Warna cahaya tertentu (termasuk merah, hijau, dan biru) telah terbukti memiliki efek positif untuk membunuh jerawat. Jika perawatan ringan adalah pilihan terbaik untuk anda, mintalah pada ahli kulit untuk melakukan metode ini.

6. Gunakan obat resep. Dalam kasus-kasus jerawat yang berat, obat-obat tertentu dapat diresepkan oleh ahli kulit, tetapi harus digunakan dengan hati-hati. Seperti halnya obat lainnya, mungkin ada efek samping yang tidak diinginkan dalam persentasi kecil.

  • Menggunakan obat KB (untuk wanita) dapat membantu mengatur hormon yang memproduksi jerawat anda. Tanyakan ahli kulit anda jika ini tampaknya seperti pilihan yang baik bagi anda untuk diambil.
  • Dalam kasus jerawat yang sangat mengganggu, obat khusus yang dikenal sebagai accutane dapat diresepkan. Ini adalah pengobatan retinoid yang telah terbukti hampir sepenuhnya menghapus semua jerawat pada penderita. Namun, obat ini memiliki efek samping yang sangat serius diantara obat jerawat lainnya sehingga harus digunakan dengan sangat hati-hati.

Metode 3: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Perubahan Gaya Hidup

1. Berolahraga secara teratur. Berolahraga dapat membantu mengurangi jerawat anda. Berolahraga melepaskan hormon endorfin yang menurunkan tingkat stres sehingga mengurangi produksi minyak, dan juga membuat anda berkeringat dimana akan membersihkan sel-sel kulit mati. Cobalah berolahraga setiap hari selama minimal tiga puluh menit untuk membantu mengurangi jerawat anda, tidak hanya di wajah anda, tetapi juga pada dada, bahu, dan punggung.

2. Jangan menyentuh wajah anda. Cara menghilangkan jerawat berikut ini memang agak sulit dilakukan, karena orang cenderung untuk menyentuh wajah mereka secara teratur. Hati-hati jika menggaruk wajah anda atau menyandarkan wajah di tangan anda. Jangan memecahkan jerawat atau komedo, karena hal ini hanya akan memperkenalkan lebih banyak bakteri pada kulit anda dan akan membuat jerawat anda lebih parah.

3. Mandilah sering. Mandi secara teratur membantu untuk menjaga tingkat produksi minyak tetap rendah, membunuh bakteri, dan membasuh sel-sel kulit mati. Bilas seluruh tubuh anda dengan pembersih ringan dan gunakan sampo yang membatasi produksi minyak di rambut anda. Pastikan untuk selalu mandi setelah berolahraga untuk mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh anda yang mengelupas oleh keringat.

4. Makan sehat. Makanan yang diproses dan mengandung banyak minyak akan meningkatkan jumlah jerawat pada tubuh anda. Mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein akan membantu meregenerasi kulit anda lebih cepat dan membatasi produksi minyak yang tidak perlu. Jika memungkinkan, hindari makanan yang diproses atau mengandung banyak gula (misalkan junk food).

5. Dapatkan setidaknya delapan jam tidur. Cara menghilangkan jerawat berikut ini akan ‘membunuh dua burung dengan satu batu’, karena akan merelaksasi tubuh anda serta detoksifikasi. Jika anda tidak mendapatkan cukup tidur, kemungkinan kulit anda tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk memperbaharui sel-sel kulitnya. Atur siklus tidur anda dengan pergi tidur pada waktu yang konsisten setiap malam dan tidur selama minimal delapan jam.

6. Minum banyak air. Meskipun kita semua pernah mendengar untuk minum delapan gelas air sehari, namun tidak ada jumlah yang ditetapkan pada seberapa banyak air tepatnya yang harus anda konsumsi. Air membantu mendetoksifikasi tubuh anda dan memurnikan kulit anda, jadi pastikan anda minum air sering sepanjang hari.

7. Rileksasi tubuh dan pikiran. Tingkat stres yang tinggi menyebabkan peningkatan produksi minyak, jadi sayangi pikiran dan kulit anda dengan memberikan diri anda waktu untuk bersantai. Cobalah mandi, membaca buku, meditasi, atau berlatih yoga dan saksikan kulit anda bertransformasi sebagai balasannya.

8. Cuci semua kain anda. Setiap kain yang berkontak dengan kulit anda secara teratur – pakaian, handuk, sarung bantal, dan sprei – harus dicuci minimal sekali seminggu untuk menghilangkan minyak dan bakteri yang terkumpul dari waktu ke waktu.

9. Gunakan make-up bebas minyak. Jika anda memakai make-up, anda mungkin akan terjebak dalam suatu lingkaran setan dimana make-up akan menutupi jerawat, namun juga sekaligus menyebabkan jerawat. Carilah make-up bebas minyak untuk membantu mencegah memburuknya jerawat anda sementara anda mencoba untuk menyembunyikannya. Bila memungkinkan, hindari memakai makeup sama sekali karena akan menyumbat pori-pori anda selama seharian.

Semoga artikel cara menghilangkan jerawat diatas bermanfaat untuk menambah wawasan anda. Jika anda memiliki cara alternatif lainnya, silahkan berbagi di kolom komentar.

 

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment

Loading...